Lihat ke Halaman Asli

Commuter Line Priok-Kota: Harapan Cerah untuk Warga Sekitar

Diperbarui: 13 April 2016   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JAKARTA --- Tepat tanggal 17 Desember 2015, pelayanan jalur Commuter line sudah dibuka dari Stasiun Tanjung Priok menuju Jakarta Kota dengan transit di stasiun kampung bandan. Hal ini memberikan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Tanjung priok yang secara mengejutkan dulunya merasa iri hati dengan wilayah lain yang sudah lebih dulu dilalui jalur moda transportasi commuter line.

[caption caption="Stasiun Kereta Tanjung Priok yang bersejarah bagi warga sekitarnya dan juga Kota Jakarta"][/caption]Ferryl, seorang warga Jalan Tongkol di dekat stasiun tanjung priok mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi PT.Kareta Api Indonesia yang sudah membuka jalur Tanjung priok - Jakarta Kota.

" dari dulu saya sudah menunggu. Masa tempat lain tapi tanjung priok belum? kan rasanya gimana ya? tapi sekarang sudah senang, karena apa yang saya harapkan sudah terwujud," tutur Ferryl.

Seorang pejabat Stasiun Tanjung Priok berinisial SHN mengatakan bahwa terbukanya jalur commuter line merupakan harapan semua warga tanjung priok, karena selama ini baru moda transportasi trans jakarta saja yang masuk tanjung priok. 

" ini merupakan hal positif dan akan sangat membantu warga tanjung priok pada umumnya, saya juga turut gembira dan akan terus membantu masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik," ucap SHN saat ditemui di depan loket penjualan tiket stasiun bersejarah Tanjung priok .

Dari kacamata bisnis, hal ini memberikan sumbangan yang cukup signifikan, karena dengan semakin mudahnya akses transportasi umum kearah tanjung priok maka akan semakin banyak lagi lalu lintas bisnis di kalangan masyarakat yang akan keluar-masuk di wilayah tanjung priok.

Contohnya adalah, jika masyarakat sebelumnya malas pergi ke pasar pagi asemka dikarenakan kerepotan membawa barang belanjaan dengan bus kota, maka sekarang commuter line dapat menjadi alternatif baru.

" saya sering berdagang aksesoris tapi sempat berhenti karena capek belanja ke daerah kota terutama ke pasar pagi. Akan tetapi sekarang sepertinya mulai berjalan lagi bisnisnya," demikian Syahrul, warga Jalan Sungai bambu mengutarakan isi hatinya.

Inilah yang harus dilakukan pemerintah, yaitu memudahkan rakyatnya dalam mewujudkan semua impian mereka. Membangun kembali moda transportasi kereta api massal di kawasan tanjung priok merupakan langkah tepat dalam usaha turut serta menggerakkan roda ekonomi masyarakat tanjung priok kedepannya. Walaupun ini hanya sebagai implikasi namun merupakan langkah positif yang harus diapresiasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline