Lihat ke Halaman Asli

Inovasi B2M Mahasiswa KKN-T UNNES bersama Warga Sigambir

Diperbarui: 16 Juni 2023   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber dokumentasi kegiatan KKN-T Sigambir 

KKN-T UNNES Desa Sigambir, Kabupaten Brebes menyelenggarakan Pelatihan Produksi Baceman Bawang Merah yang disebut B2M pada hari Minggu, 7 Mei 2023 yang berlokasi di Aula Balai Desa Sigambir. Pelatihan berlangsung pada pukul 09.00 WIB s.d. 11.05 WIB yang dihadiri oleh Ibu-Ibu PKK Induk sebanyak 17 orang.

Pelatihan Produksi Baceman Bawang Merah (B2M) diisi oleh 2 Narasumber dari Mahasiswa KKN-T UNNES. Mahasiswa memberikan materi mengenai pengolahan bawang merah B2M,  mulai dari cara pembuatan, bahan-bahan yang digunakan, serta langkah - langkah pengolahan B2M yang langsung dipraktikkan oleh peserta. Peserta sangat antusias dan penasaran dengan proses pembuatan B2M sehingga kegiatan berjalan dengan cepat dan terasa mudah.

Salah satu potensi desa Sigambir adalah Bawang Merah dan biasanya masyarakat Sigambir langsung menjual hasil panennya tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Mahasiswa KKN-T UNNES memberikan inovasi baru terkait pengolahan bawang merah agar lebih menarik ketika dijual di pasaran. Kegiatan ini dapat menjadi produk unggulan di desa Sigambir dan dapat menjadi peluang usaha baru.

Salah satu Ibu PKK menyampaikan, "Saya bukan petani bawang, hanya saja ketika panen banyak warga yang memberikan bawang. Banyaknya bawang yang saya peroleh membuat saya bingung karena saya termasuk orang yang jarang sekali memasak sehingga berdampak pada membusuknya bawang merah". Hal tersebut yang membuat kami berinisiatif untuk menjadikan Bawang Merah sebagai Baceman. Selain tahan lama, baceman bawang merah merupakan bumbu rumahan yang praktis, lezat, dan harum aroma nya.

Ella Elistiani selaku Ketua Pelaksana Pelatihan Produksi Baceman Bawang Merah mengatakan, "Alhamdulillah pelatihan Pembuatan B2M berjalan dengan lancar dan Ibu-Ibu PKK Sigambir sangat antusias karena baru mengetahui pengolahan bawang merah dengan cara dibacem/difermentasi. B2M ini menjadi inovasi baru bagi masyarakat Sigambir dalam memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut. Ini merupakan peluang besar bagi para pelaku UMKM Desa Sigambir karena produk B2M bisa menghasilkan omset yang tinggi."

Adapun materi bisa diakses pada link di bawah ini :

https://sites.google.com/students.unnes.ac.id/pembuatan-baceman-bawang-merah

Harapannya bagi para pembaca dapat mencari tahu lebih jauh mengenai B2M serta dapat mempraktikkannya.

Penyelenggara : Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata, LPPM UNNES

KKN TEMATIK 1 UNNES 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline