Lihat ke Halaman Asli

Binti Wasik

Guru pendidikan agama Islam

Puasa Ramadan Hari ke-5

Diperbarui: 17 Maret 2024   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ramadhan hari ke-5 

Kulihat jam dinding di rumahku masih menunjukkan pukul 02.30 pagi. Seperti dibangunkan saja aku setiap pukul 02.30 selalu bangun untuk melaksanakan shalat tahajut tetapi karena hari ini puasa Ramadhan maka akupun menyiapkan untuk makan sahur terlebih dahulu.

semua makanan tinggal menghangatkan saja.  Tepat pukul 03.00 aku bangunkan suami untuk makan sahur bersama. Kemudian kami shalat tahajud bersama dan menunggu sampai waktu subuh.   

Dan seperti biasa selesai Salat Subuh berjamaah aku rutin membaca Surah Waqi'ah bersama-sama di mushalla kemudian aku lanjutkan sendiri membaca Al Qur'an rutin hingga pukul 05.30 pagi.

Selesai membaca Al Qur;an pekerjaanku biasanya setiap hari adalah menyiapkan sarapan untuk suami tercinta karena puasa maka aku lakukan dengan bersih-bersih tumah, mencuci piring dan baju. Sebenarnya kalau mengikuti badan inginnya tidur lagi tetapi aku ingat bahwa selesai subuh adalah waktu yang tidak baik untuk tidur lagi baik menurut kesehatan maupun menurut agama.

Begitu kulihat jam di dinding menunjukkan pukul 06.00 aku buru-buru masuk ke kamar mandi untuk buang air kecil dan berwudhu untuk rutin melaksanakan Shalat Dhuha. Aku tidak mandi karena mandi sudah aku lakukan setelah bangun tidur sebelum shalat tahajut. Selesai berwudhu ternyata perutku terasa  ingin buang air besar, dengan perasaan agak kecewa juga terpaksa aku harus buang air besar dahulu.

Ternyata lama juga aku di dalam WC. Dengan buru-buru akupun berwudhu lagi untuk Shalat Dhuha. Kulihat jam dinding sudah menunjukkah pukul 07.00. Seandainya hari ini tidak bulan Ramadhan pasti aku sudah terlambat untuk absen  gerutuku dalam hati sambil memakai baju, pakai bedak wajah sederhana lalu memakai jilbab.

Setelah selesai bersiap waktunya aku mengambil kunci sepeda motor ternyata kunci sepeda motor aku cari kesana-kemari tidak aku temukan. Sampai aku lelah dan kecewa yang teramat sambil duduk aku menyebut nama Allah untuk memohon petunjukNya dengan keringatku bercucuran rasanya seperti baru mengangkat beban berat dengan nafas terengah-engah.

Sambil berkaca-kaca akupun mengusapkan tisu yang aku raih di atas meja di waktu itu pula aku lihat kunci sepeda motorku terlihat jatuh di bawah meja. Aku sudah tidak melihat jam dinding lagi karena kurasa aku sudah terlambat entah berapa menit.

Alhamdulillaah akhirnya dengan sedikit lega aku langsung keluar sampai aku tak sempat menggunakan kaos kaki agar tidak  terlambat absen wajah. Dengan terburu-buru kaos kaki tidak aku pakai dan akupun tak sempat memasukkan ke dalam tas karena tas sudah aku cangklong di punggung.

Akhirnya kaos kaki aku pegang tangan kiriku sambil sesekali untuk mengerem, akupun tancap gas agak melaju dengan kecepatan tinggi karena jarak tempat aku absen sekitar 3 Km dari rumahku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline