Lihat ke Halaman Asli

Menangani Stres secara Islami

Diperbarui: 2 April 2018   00:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Setiap manusia pasti pernah dan memiliki rasa stressnya masing masing. berbagai hal dalam hidup ini tentu dapan menimbulkan stress. misalka kehilangan seseorang atau benda kesayangan, kehilangan sanak saudara, mendapat nilai yang kurang memuaskan, dan banyak masalah lainnya. 

tanda stress itu sendiri biasanya ditandai oleh sakit kepala, susah tidur, mudah marah, sensitif, susah untuk konsentrasi, asam lambung dapat meningkat, dan juga emosi tidak stabil.

tidak jarang ada orang yang lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena tidak sanggup lagi untuk menahan masalah yang dihadapinya. sesunggunya cara seperti itu adalah cara yang salah. kita membuat orang sekitar kita menjadi sedih selain itu kita sangat berdosa.

dalam islam semua masalah pasti ada jalannya secara baik, maka dari itu kita percaya bahwa semua itu adalah bentu ujian dari Allah SWT untuk kita selalu sabar.

Berikut adalah bagaimana cara menangani stress secara islami.

1. Mendasari niat dengan ikhlas

apapun yang kita perbuat kita harus mendasarinya dengan niat karena Allah semata. mulailah menanamkan diri dengan keikhlasan segala sesuatu perbuatan kita yang mana perbuatan kita yang akan kita dapatkan adalah dari Allah SWT.

2. Shalat 

media untuk berkomunikasi kepada Allah salahsatunya adalah Shalat. dengan sholat wajib 5 waktu serta menjalankan sholat-sholat sunnah dapat membantu ketentraman hati yang sedang gundah sehingga dapat membantu mengatasi segala permasalahan emsional yang sedang kita rasakan. selain itu kita dapat lebih dekat lagi kepada Allah dan insyallah akan di permudah permasalahan yang kita dapat.

3. Berdzikir

dengan mengingat Allah tidak hanya dalam lisan kita mengucap tetepi juga dengan hati serta perbuatan yang kita perbuat. Hadirkan Allah di setiap hembus nafas kita den berdzikir dengan itulah kita menjadi tenang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline