Lihat ke Halaman Asli

Strategi PT Pertamina Dalam Membangun Sinergi dengan Masyarakat Dalam Sudut Pandang Public Relation

Diperbarui: 29 Januari 2025   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Strategi Public relation yang diterapkan oleh PT. Pertamina untuk membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan saat kunjungan visit Company mahasiswa universitas Muhammadiyah Ponorogo ke PT. Pertamina mendapatkan hasil bahwa strategi public relation yang dilakukan PT. Pertamina  mereka memiliki berbagai macam rencana  terhadap sinergi atau hubungan dengan masyarakat, dimana mereka telah menyiapkan berbagai bentuk persiapan dalam usaha untuk muwujudkan sinergi hubungan dengan masyarakat. Hal ini merupakan bentuk perwujudan PT. Pertamina dimana sesuai dengan komitmen mereka untuk senantiasa mengupayakan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat. Dengan menyejahterakan manusia, alam, dan lingkungan,  dimana Pertamina akan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Pertamina juga terus mengupayakan agar sinergi dengan masyarakat terus terjalin dimana PT. Pertamina sendiri memiliki banyak sekali program liwat CSR ( Corporate sosial responsibility) dimana CSR Pertamina sendiri memiliki 4 pilar yang terus dipegang hingga saat ini, yaitu pertama Pertamina cerdas untuk bidang pendidikan, kedua Pertamina sehat untuk bidang kesehatan, ketiga Pertamina Hijau untuk bidang pelestarian lingkungan, yang terakhir yaitu Pertamina Berdikari untuk bidang pemberdayaan dan ekonomi. Yang mana 4 pilar tersebut pastinya ditujukan untuk masyarakat umum tentunya, dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga meningkatkan citra positif PT. Pertamina dimata publik.

Dari sudut pandang Public relation sendiri PT. Pertamina telah menjalankannya dengan sangat efektif. Public relation pada PT. Pertamina sendiri terus berupaya untuk menjaga citra baik mereka dimata publik atau masyarakat umum. Yang mana ini bukan hal yang mudah bagi sebuah perusahaan besar, namun dengan komitmen yang kuat PT. Pertamina terus dapat bersinergi dengan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Pertamina bukan hanya berfokus pada produksi dan distribusi bahan bakar, tetapi juga komitmen untuk menciptakan hubungan yang baik serta berkelanjutan dengan masyarakat.

Perwujudan komitmen sinergi PT. Pertamina dengan masyarakat sendiri telah menghasilkan beberapa program yang mana sangat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya. Wujud komitmen tersebut antara lain yaitu sebagai berikut, Pertamina menandatangani nota kesepahaman dengan Unnes untuk mengembangkan pembangkit tenaga listrik dari sampah di Bantar Gebang Bekasi, Pertamina RU IV Cilacap melaksanakan program budidaya jamur tiram untuk pemberdayaan masyarakat, Pertamina EP Sangatta mengembangkan program pemberdayaan petani kelulut dan wisata edukasi di TNK. Dan masih banyak program yang telah dilaksanakan Pertamina dalam mewujudkan sinergi dengan masyarakat melalui berbagai cara.

Dalam sinergi PT. Pertamina dengan masyarakat sendiri dalam sudut pandang public relation  penggunaan media sosial sebagai salah satu strateginya dimana kita ketahui bersama bahwa Bagi perusahaan besar seperti Pertamina, media sosial bukan hanya sekadar alat komunikasi, tetapi juga  sarana  membangun citra positif, meningkatkan engagement, dan membangun sinergi  kuat dengan masyarakat. Yang mana saat kunjungan ke PT. Pertamina sendiri mereka juga begitu fokus terhadap penggunaan media sosial. Bisa dikatakan bahwa media sosial merupakan salah satu senjata mereka untuk mewujudkan komitmen sinergi antara Pertamina dengan masyarakat.

Di era digital, media sosial telah menjadi alat yang ampuh bagi perusahaan seperti Pertamina untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat Melalui platform ini, Pertamina tidak hanya mempromosikan produk dan layanannya tetapi juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial Melalui komunikasi yang terbuka dan transparan, Pertamina mampu membangun citra positif dan kepercayaan publik.

PT. Pertamina telah menerapkan strategi public relation untuk membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat, dengan fokus pada berbagai aspek keterlibatan masyarakat. Perusahaan telah melaksanakan berbagai program CSR, termasuk program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemuda serta ekonomi, untuk memberikan nilai kepada masyarakat dan meningkatkan citra publiknya. Strategi public relation perusahaan efektif dalam menumbuhkan persepsi publik yang positif dan terlibat dengan masyarakat. Perusahaan juga telah melaksanakan berbagai program untuk mempromosikan mereknya dan melibatkan publik. Penggunaan media sosial sebagai alat strategis dalam hubungan masyarakat juga merupakan strategi utama bagi perusahaan. Di era digital, media sosial telah menjadi alat penting bagi perusahaan seperti Pertamina untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat. Dengan mempromosikan produk dan layanan, Pertamina dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial melalui komunikasi yang efektif dan transparansi, sehingga menghasilkan persepsi dan keterlibatan publik yang positif.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline