Lihat ke Halaman Asli

Workshop Sistem Informasi Pengelolaan Barang bagi Koperasi Siswa di SMP Negeri 5 Malang

Diperbarui: 14 November 2024   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Artikel Pengembangan & Pengabdian

Malang – Koperasi Siswa (Kopsis) di SMP Negeri 5 Malang kini berinovasi dengan mengembangkan sistem informasi berbasis website bernama Kadikop, yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan barang dan keuangan. Program ini diprakarsai oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) PPG UM dan bertujuan untuk menggantikan metode manual yang selama ini digunakan, yang dianggap lambat dan rawan kesalahan.

Pelaksanaan pengabdian dilakukan dalam dua hari, di mana para guru dan siswa yang menjadi pengurus Kopsis mendapat pelatihan teknis tentang penggunaan Kadikop. Program ini disambut antusias oleh peserta, yang mayoritas belum pernah menggunakan sistem serupa. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengalaman baru bagi pengurus dalam mengelola koperasi secara lebih modern dan efisien.

Evaluasi terhadap penggunaan Kadikop menunjukkan hasil yang sangat positif. Sebagian besar peserta mengaku sistem ini memudahkan pekerjaan mereka, terutama dalam hal pelaporan dan perekapan data barang secara real-time. Meskipun demikian, masih ada ruang untuk perbaikan, khususnya dalam tampilan antarmuka dan stabilitas sistem.

Program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan digitalisasi di Kopsis guna meningkatkan efisiensi dan kinerja. Selain itu, penggunaan teknologi seperti ini dapat mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan ekonomi digital di masa depan.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat:

Novian Candra Kurniawan; Bintang Muhammad Sahara Efendi; Ni’matuzzuriyah; Khusnul Khotimah; Idris

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline