Lihat ke Halaman Asli

Bintang Azzahra

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Pentingnya Menggali dan Mendukung Potensi Anak Berbakat

Diperbarui: 24 Desember 2023   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setiap anak memiliki keunikan dan potensi yang luar biasa. Beberapa di antara mereka mungkin menunjukkan bakat istimewa atau kemampuan yang luar biasa dalam suatu bidang tertentu. Anak-anak tersebutlah yang kemudian disebut sebagai anak berbakat. Kirk & Gallagher menyatakan bahwa anak berbakat atau Gifted adalah mereka yang memiliki tingkat intelegensi di atas 130. Mereka memiliki keunggulan di bidang khusus seperti musik, melukis, olahraga, seni, kepemimpinan dll. Sementara menurut Martison Anak Berbakat adalah mereka yang diidentifikasi oleh ahli (Profesional) memiliki kemampuan yang sangat menonjol, sehingga memberikan prestasi yang tinggi.  Anak-anak ini membutuhkan program yang berdiferensiasi dan atau pelayanan di luar jangkauan sekolah biasa, agar dapat mewujudkan sumbangannya terhadap diri sendiri maupun terhadap masyarakat.  

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Anak Berbakat adalah mereka yang diidentifikasi oleh ahli (profesional) bahwa ia memiliki kemampuan yang menonjol dan prestasi yang tinggi serta membutuhkan pelayanan dan pendidikan khusus yang terdeferensiasi agar dapat merealisasikan kemampuannya. Adapun bakat menurut Munandar (2020)  adalah  kemampuan  bawaan  sebagai  potensi  yang  masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya menggali potensi anak berbakat dan memberikan dukungan yang tepat untuk perkembangan mereka.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menggali potensi anak adalah dengan mengidentifikasi bakat unik yang mereka miliki. Bakat bisa muncul dalam berbagai bentuk, termasuk kemampuan akademis, seni, olahraga, atau bahkan kecerdasan sosial. Penting bagi orang tua dan pendidik untuk memperhatikan minat dan kecenderungan anak sehingga potensi mereka dapat ditemukan.

Setelah menemukan bakat unik pada anak, orang tua maupun guru perlu memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi berbagai kegiatan untuk membantu mereka mengembangkan bakat dan kreativitas yang dimilikinya. Misalnya, memberikan akses kepada mereka untuk mencoba berbagai jenis seni, partisipasi dalam klub atau komunitas yang sesuai dengan minat mereka, ataupun dengan memberikan buku-buku yang merangsang pikiran mereka.

Dalam prosesnya, keterlibatan orang tua dan guru juga sangat dibutuhkan. Orang tua dan guru memainkan peran sentral dalam mendukung perkembangan anak berbakat terutama dalam perihal dukungan emosional, moral, dan pemberian fasilitas yang mumpuni dalam membantu anak mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Adapun berikut adalah beberapa alasan mengapa menggali dan mendukung potensi pada anak berbakat menjadi sangat penting untuk dilakukan :

1. Pengembangan Potensi Penuh

Setiap anak memiliki bakat dan potensi uniknya. Dengan menggali potensi tersebut, kita dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya hingga mencapai puncaknya.

2. Peningkatan Kemandirian

Mendukung anak berbakat dapat membantu mereka meraih keberhasilan dan prestasi dengan kemampuan yang dimilikinya sendiri. Hal ini dapat membangun rasa percaya diri dan kemandirian pada diri anak.

3. Memberikan Motivasi dan Antusiasme Belajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline