Lihat ke Halaman Asli

Menjadi Seniman dari Youtube

Diperbarui: 10 Oktober 2015   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sekarang ini kita hidup di zaman serba gampang, teknologi serba modern yang dapat membuat semua orang dengan mudah mengakses apapun keperluan mereka. Berbagai macam cara untuk memperoleh informasi dengan cepat dan mudah didapatkan, salah satunya melalui youtube. Dengan adanya youtube di era sekarang ini memudahkan banyak orang untuk menggali informasi melalui video, tak hanya video dalam kota atau dalam negeri saja namun juga dapat melihat video dari luar negeri, penjuru kota manapun dengan mudah. Tak hanya video yang berisi informasi saja, terdapat pula video hiburan, sport, music, dll.

Youtube sudah menciptakan banyak seniman yang mengupload video mereka dengan berbagai macam jenis nya. Bila dikatakan youtube merupakan panggung baru bagi seniman sebenarnya tidak beda jauh dengan panggung media massa seperti televisi, hanya saja yang membedakan adalah jika panggung media massa atau sebagai contoh televisi seorang seniman memang ditonton banyak penonton tapi hanya saat televisi itu tayang saja, karena setelah itu penonton yang ketinggalan melihat video tersebut tidak dapat mengulang kembali agar bisa menontonnya dari awal. Perbedaan youtube dan media massa contohnya televisi adalah disitu, youtube dapat menyimpan video yang di upload oleh seseorang dalam jangka waktu lama selama video itu belum dihapus oleh orang yang menguploadnnya. Maka penontonnya pun juga lebih banyak karena dapat memutar kembali video yang telah ditonton.

Tak hanya youtube yang hanya dapat menjadi panggung seorang seniman, banyak juga media sosial lainnya yang dapat menjadi panggung bagi para seniman – seniman ini namun youtube memiliki kelebihan tersendiri, karena youtube dapat menampilkan karya seni yang dibuat oleh seniman youtube ini dalam bentuk video, dan dengan diberi sedikit keterangan yang menjadikan deskripsi pada video tersebut yang membuat minat penonton serta para seniman untuk lebih tertarik pada youtube. Karena penonton tidak perlu lagi membayangkan seperti apa sih orang yang membuat video ini jika penonton hanya disajikan tulisan saja sebagai informasinya, disamping itu youtube juga memiliki penonton yang banyak namun juga tergantung dengan video yang seniman upload, jika video yang di upload sangat menarik untuk di lihat maka rangking dari video tersebut akan menjadi semakin diatas dan lebih sering dilihat oleh banyak orang. Maka di dalam youtube berikan video yang sangat dapat membuat orang tertarik untuk melihatnya dengan mengupload video dengan seni yang belum ada atau memperbarui seni yang telah ada dengan cara tersendiri akan menjadi daya tarik bagi penonton youtube, dengan tetap mematuhi aturan yang telah dibuat oleh perusahaan youtube agar video yang seniman upload pun tidak bermasalah dan tetap dapat dilihat dan dinikmati manfaatnya, serta mengurangi sisi negatif pada youtube sehingga tidak membuat orang lain menjadi terinspirasi mengupload video yang melanggar aturan youtube.

Apakah seniman youtube bisa hidup dari kesenian mereka, seperti di youtube? Dalam kasus ini saya memberikan contoh salah satu seniman youtube semisal seorang pemain skateboard yang memiliki skill yang sangat luar biasa, berawal dari dia mengupload video permainan skate dia yang dibilang masih amatir kemudian diteruskannya dia membuat trik - trik bermain skate hingga akhirnya dia menjadi the best skaters dan di kenal oleh banyak orang serta dalam kehidupan nyata nya dia sudah tak diperbolehkan mengikuti kompetisi apapun dikarenakan kemahirannya. Jadi dapat dikatakan seorang seniman youtube dapat hidup dari kesenian yang mereka miliki, meski tak semua mendapatkannya seperti pada contoh lain seniman youtube juga bisa saja melejit dengan cepat atau bisa dikatakan naik daun dengan cepat namun juga dapat turun daun dengan seketika meski telah mendapatkan tawaran diberbagai stasiun televisi, bermain sinetron, film, namun hanya bersifat sementara meski video mereka masih dapat ditemukan di youtube namun kepopuleran mereka tak lagi.

Jika sudah seperti itu apakah yang perlu mereka lakukan agar bisa hidup dari youtube? Dan apa yang harus mereka ciptakan? Para seniman sebenarnya bisa saja mempertahankan apa yang telah mereka buat dan share kepada khalayak luas dengan menambah ide dari seni - seni yang telah mereka buat sebelumnya, mungkin dapat membuat semacam tutorial / instruksi untuk di share kepada khalayak luas. Dengan dapat memberikan manfaat kepada orang lain, dan dengan adanya youtube orang dipenjuru negara, kota, daerah pun tetap bisa melihat dan mempelajarinya.

Karena yang sesunggunya media sosial sangat memiliki manfaat positif banyak jika kita menggunakannya dengan nilai positif pula dan tidak melanggar aturan yang telah dibuat oleh perusahaan media tersebut serta menyalahgunakannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline