Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pemberdayaan Digitalisasi Marketing kepada UMKM

Diperbarui: 10 Februari 2023   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemberdayaan digitalisasi marketing kepada salah satu pelaku UMKM Desa Moga yaitu UD. SiManis/Dokpri

Pemalang (10/2/2023)  -  Seiring perkembangannya zaman yang sangat pesat ini banyak aktivitas yang dapat meningkatkan inovasi-inovasi dalam penjualan, salah satunya melalui media sosial. Social media tak hanya dapat berkomunikasi antar individu maupun kelompok namun dapat dimanfaatkan untuk berjualan. Tak sedikit para pelaku UMKM memasarkan dan memanfaatkan social media sebagai suatu media berjualan untuk memasarkan produknya secara online, banyak platform yang dapat digunakan seperti Instagram, Facebook, Shopee, Tokopedia dll.

Salah satu platform yang ramai digunakan yaitu instagram. Pemasaran produk tersebut juga banyak informasi mulai dari produk, informasi harga, alamat penjualan sampai kontak personal untuk pelanggan bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik toko tersebut. Hal itu juga sangat memudahkan pelanggan agar membeli dan percaya kepada produk tersebut.

Di desa Moga sendiri ada beberapa sector ekonomi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang masih belum memasarkan produknya melalui social media. Padahal banyak keuntungan apabila memasarkan melalui social media seperti menarik calon konsumen lebih cepat dan lebih luas, meningkatkan angka penjualan, menghemat tenaga dan biaya  pemasaran, dan masih banyak keuntungan yang didapatkan.

Pemberdayaan digital marketing pada UMKM (1)/Dokpri

Pemberdayaan digital marketing pada UMKM (2)/Dokpri

Dari hal tersebut Bintang Alfareza Putra ( Mahasiswa Akuntansi Perpajakan ) salah satu mahasiswa KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) yang diterjunkan langsung oleh Universitas Diponegoro ( UNDIP ) di Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang melaksanakan program kerja dengan melakukan pengenalan dan pemberdayaan mengenai digitalisasi marketing menuju masyarakat mandiri. Kegiatan ini dilakukan dengan media leaflet yang berisi penjelasan mengenai digital marketing serta berisi keuntungan keuntungannya sekaligus dapat dijadikan referensi mengenai digitalisasi marketing. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 2 februari 2023 ini dilakukan kepada salah satu pelaku UMKM yaitu UD. Simanis.

Dengan adanya kegiatan ini semoga UD. Simanis dapat mengimplementasikan dan melanjutkan digitalisasi marketing untuk usaha ini. Dan dapat mengembangkan pasarnya semakin luas dan semakin menguntungkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline