Lihat ke Halaman Asli

Bintang RamadhaniHamzah

Mahasiswa Aktif S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang

Pentingnya Pendidikan bagi Perempuan: Membangun Masa Depan yang Berkualitas

Diperbarui: 6 Desember 2023   19:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di zaman modern ini masih banyak perempuan diluar sana yang mendapat stigma buruk dari masyarakat sekitar. Tidak jarang perempuan masih diperlakukan tidak adil, dianggap lemah, serta lebih rendah martabatnya dibandingkan dengan laki-laki. Masih banyak tindakan diskriminasi yang dialami oleh perempuan, mulai dari merasa risih di-cat calling di jalan, dilarang sekolah hingga jenjang yang lebih tinggi karena dianggap tidak perlu, bahkan tidak sedikit juga anggapan bahwa perempuan itu kodratnya nantinya hanya menjadi seorang ibu rumah tangga. Selain itu, berbagai pelanggaran hak dan kesenjangan yang dihadapi oleh perempuan masih terus terjadi, termasuk kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual, hingga kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan yang memadai.

Saat ini, pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi perempuan. Pendidikan memiliki banyak dampak positif, tidak hanya bagi perempuan itu sendiri, tetapi juga untuk masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan memberi perempuan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang dibutuhkan untuk mengembangkan potensi diri mereka untuk menjadi individu yang lebih mandiri dan percaya diri, bahkan di era globalisasi ini, perempuan yang berpendidikan dapat lebih siap dalam memecahkan masalah dan menghadapi tantangan global.

Dari segi kualitas hidup, perempuan yang berpendidikan tinggi cenderung memiliki pekerjaan yang lebih baik, memberikan kontribusi pada perekonomian, dan meningkatkan kualitas hidup bagi diri mereka sendiri dan keluarga. Dalam lingkungan masyarakat, perempuan yang biasanya berpendidikan tinggi umumnya lebih dihormati dan dihargai. Dari segi kesehatan, perempuan berpendidikan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan sehingga bisa menyebarkan informasi terkait kesehatan kepada keluarga bahkan anaknya nanti. Selain itu, pendidikan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada perempuan tentang hak-hak mereka, membantu mencegah diskriminasi dan kekerasan gender, serta masih banyak lagi dampak positif yang didapatkan apabila perempuan itu mempunyai kualitas pendidikan yang baik.

Dengan demikian, setelah mengetahui ada banyak sekali hal-hal positif yang bisa didapatkan perempuan dari pendidikannya yang tinggi, maka diharapkan perempuan diluar sana menggunakan sebaik-baiknya akses pendidikan yang telah diberikan. Akses pendidikan yang baik berkontribusi pada perkembangan sumber daya manusia, sehingga menciptakan generasi yang terampil, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline