Lihat ke Halaman Asli

Sistem Pengendalian Manajemen di PT Widyaka Propertindo

Diperbarui: 29 Juni 2023   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa Itu Sistem Pengendalian Manajemen? 

Di dalam sebuah perusahaan adanya sistem pengendalian manajemen sangatlah penting karena dapat menjadi suatu hal yang berperan besar terhadap laju perkembangan suatu perusahaan. JIka sebuah perusahaan tidak memiliki sistem pengendalian manajemen yang baik ataupun tidak ada sama sekali, maka perusahaan akan rentan untuk mengalami kemunduran.

Namun, pastinya setiap perusahaan memiliki sistem yang dijalankannya masing-masing yang berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Namun, dengan semakin baiknya sebuah sistem pengendalian manajemen pada perusahaan akan membuat perusahaan tersebut dapat berkembang dengan cepat begitu pula sebaliknya dimana jika sistem pengendalian manajemen yang dimiliki sebuah perusahaan tidak baik maka dapat membuat perusahaan tidak bisa berkembang dan tersaingi oleh perusahaan lain.

Menurut saya, sebuah perusahaan yang dianggap baik harus mampu memenuhi beberapa hal, yaitu:

  • Memiliki tolak ukur kinerja yang menjadi cerminan sebuah perusahaan maupun organisasi dapat berjalan dengan efisien, efektif, serta produktif.
  • Memiliki kebijakan dalam menentukan tolak ukur di dalam sebuah perusahaan tersebut.
  • Mampu mengapresiasi setiap sumber daya yang ada atau dimiliki oleh perusahaan maupun organisasi tersebut.

Saya akan mengambil contoh sistem pengendalian manajemen pada salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Properti, yaitu PT Widyaka Propertindo.

Pada perusahaan PT Widyaka Propertindo ada beberapa sistem pengendalian manajemen yang diterapkan untuk menjaga kestabilan dan eksistensi perusahaan agar dapat lebih berkembang untuk kedepannya, yaitu:

1. Pemrograman yang matang sebelum memulai suatu Proyek.

Pemrograman yang matang adalah proses penyusunan berbagai program yang akan digunakan untuk menjalani atau memulai suatu proyek baru di perusahaan  dalam menghitung estimasi seberapa besar sumber daya yang perusahaan butuhkan. 

2. Penganggaran yang baik.

penganggaran merupakan proses perencanaan serta pengendalian manajemen yang dinyatakan dalam satuan keuangan tertentu yang nantinya akan digunakanuntuk periode waktu tertentu. Anggaran yang akan disusun di tahap ini , didasarkan pada berbagai anggaran yang ada di pusat pertanggungjawaban dan lebih mengutamakan COST LEADERSHIP, yaitu untuk mempunyai kualitas yang baik dalam membeli barang, perusahaan harus berani mengeluarkan anggaran besar.  

3. Pencatatan akuntansi yang baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline