Lihat ke Halaman Asli

Ksm Kidal

kegiatan pengabdian

Kembangkan UMKM, Peserta KSM Unisma Bantu Digitalisasi Pemasaran Kripik Buah C'ANDI

Diperbarui: 31 Agustus 2021   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KSM Tematik Bersama Owner Umkm C'andi (Foto: cahyo N)

MALANG- Upaya KSM  Tematik Universitas Islam Malang "Bantu Mengembangkan UMKM  digitalisasi pemasaran keripik buah C'ANDI guna meningkatkan pangsa pasar .

(Mahasiswa Universitas Islam Malang) 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim KSM - Tematik Desa Kidal, yang terdiri dari kelompok 31, 20, 23, 24, dan 44. Diantaranya Kelompok 31 Widiana Saskia Putri, Mirzatul Ummah, Milania Ramadhani Kelompok 20 Miswati. Kelompok 23 Cahyo Nur Buat. Kelompok 24 Moh. Fajar Maulana, Bahij Mustofa, Nizar Afiffudin. Dan KELOMPOK 44 Asma'ul Noer Vachriyanti, yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dosen Itha Athia ,S,Sos.M.M (Kelompok 31), Kartika Rose Rachmadi,SE,.MM (Kelompok 23 dan 24), Muh. Sirojuddin Amin., SE., MBA (Kelompok 44) dan Rahmawati., SE., MM., MBA (Kelompok 20). 

Penyebaran covid-19 menyebabkan penurunan omset pada UMKM, salah satunya pada UMKM keripik buah C'ANDI yang bertempat di Jl. Borokutho Desa Kidal. Berdasarkan penuturan pelaku UMKM bahwa penjualan produk mengalami penurunan sangat drastis. sehingga menyebabkan stok produk aneka macam keripik menumpuk di gudang.

Menurut Ibu Fitri selaku pemilik UMKM keripik buah "Memang karena pandemi saat ini, usaha keripik buah yang saya naungi mengalami penurunan yang sangat drastis. Bahkan aneka macam produk menumpuk di gudang."

Peserta Kandidat Sarjana Mengabdi memberikan opsi untuk mempertahankan UMKM keripik buah C'ANDI agar bisa bertahan di masa pandemi covid-19 ini, program yang disosialisasikan oleh peserta KSM yaitu memberikan pengarahan dan pelatihan tentang digital marketing melalui beberapa sosial media, marketplace dan e-commerce.

KSM TEMATIK memberikan pelatihan digital marketing (Foto: Cahyo N)

Tidak hanya memberikan sosialisasi mengenai digital marketing, peserta KSM Desa Kidal juga turut andil dalam proses packing kemasan keripik buah C'ANDI sehingga dapat saling menguntungkan dari kedua pihak yaitu peserta KSM dapat belajar mengenai packing produk dan pihak pemilik UMKM C'ANDI yang mendapatkan ilmu mengenai digital marketing dan memiliki kesempatan untuk dikenal masyarakat luas. 

Menurut salah satu mahasiswa KSM "Selain kami memberikan sosialisasi serta pelatihan mengoperasikan e-commerce kami juga diberikan kesempatan untuk belajar packing keripik buah oleh ibu Fitri selaku pemilik UMKM."

Proses packing keripik buah C'ANDI (Foto: Cahyo N B)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline