Lihat ke Halaman Asli

Ksm Kidal

kegiatan pengabdian

Kembangkan UMKM, Peserta KSM Unisma Bantu Digitalisasi Pemasaran Kopi

Diperbarui: 23 Agustus 2021   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

peserta ksm-Tematik Unisma dengan pemilik UMKM Kopi Bledek (FOTO: Mirza)

MALANG - Mahasiswa Peserta kandidat Sarjana mengabdi (KSM) Unisma yang dibimbing oleh (DPL) ibu Kartika Rose Rachmadi,SE., MM dan Ita Athia,SE., MM telah melakukan rangkaian program pengabadian masyarakat di RT 16 RW 01, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. 

Program pengabadian yang dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu : Pengembangan usaha UMKM dengan digital marketing. Program ini dilaksanakan secara bertahap sejak tanggal 16 Agustus 2021 hingga tanggal 26 Agustus 2021.

Penyebaran covid-19 menyebabkan penurunan omset pada UMKM, salah satunya pada UMKM kopi bledek yang bertempat di jl. kalindung 2 Kidal krajan. 

Berdasarkan hasil penuturan pelaku UMKM RT16/RW01 Kidal, menyatakan bahwa penjualan UMKM atau kegiatan usahanya mengalami penurunan sangat drastis. Sehingga menyebabkan berhenti sementara untuk produksi aneka kopi.

Oleh sebab itu, peserta kandidat sarjana mengabdi (KSM) memberikan opsi untuk mepertahanan UMKM kopi bledek dimasa pandemi covid-19, program yang dibawa oleh peserta kandidat sarjana mengabdi yaitu sosialisasi pentingnya digital marketing melalui beberapa sosial media, marketplace, dan e-commerce.

Proses Roasting Kopi (FOTO: Milania R)

pada jum'at (20/8/2021) Salah satu mahasiwa peserta kandidat sarjana mengabdi (KSM) memberikan pembekalan mengenai digital marketing, meskipun terkendala oleh beberapa faktor pada pemilik UMKM salah satunya pada faktor kurangnya pengetahuan mengenai IT (teknologi informasi), mahasiswa ksm tematik unisma menjelaskan tentang e-commerce dan marketplace.

Mahasiswa Unisma Bantu Proses Packing (FOTO: Cahyo N)

Tidak hanya memberikan sosialisasi mengenai digital marketing, mahasiswa unisma juga turut andil dalam proses produksi sehingga dapat saling menguntungkan baik dari mahasiswa unisma yang belajar produksi serta dari pihak pemilik UMKM kopi bledek yang mendapatkan ilmu mengenai digital marketing dan memiliki kesempatan untuk dikenal masyarakat lebih luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline