Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Wisata Pembuatan Sign Informasi di Wisata Outbound

Diperbarui: 25 November 2023   01:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Kelompok Bina Desa,2023

Edukasi Wisata Pembuatan Sign Informasi Di Wisata Outbound Alas Prambon Bersama Mahasiswa Bina Desa UPN"Veteran" Jawa Timur

Wisata Edukasi "Outbound Alas Prambon" menjadi tombak tujuan yang sedang digencarkan oleh masyarakat Desa Simpang, tepatnya di Dusun Ngingas, khususnya dalam pembangunan Wisata Edukasi. Dengan mengangkat sektor Outbound, Agro Peternakan, Agro Perkebunan, Agro Perikanan, Pemilik Alas adalah Ir.H.Supriyo ingin mewujudkan dunia wisata berbasis edukasi yang mengulik informasi seputar Outbound, Peternakan & Perkebunan. Alas merupakan wisata berbasis edukasi juga akan memberikan perputaran ekonomi untuk masyarakat sekitar. Selayaknya wisata edukasi pada umumnya, Alas memerlukan adanya panduan wisata untuk memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi.

Berawal dari permasalahan kurangnya fasilitas informasi untuk Agro Peternakan, Agro Perkebunan, dan Kolam Ikan di Outbound Alas Prambon yang dirasa butuhnya sign plang atau tanda informasi Mahasiswa Bina Desa UPN "Veteran" Jawa Timur kemudian berencana untuk membuat rancangan desain Agro Peternakan, Perkebunan dan Perikanan juga plang informasi sebagai gambaran awal terkait sarana informasi wisata edukasi. Plang merupakan sebuah papan nama besar berisikan informasi terkait dengan objek yang diinformasikan. Sarana ini bisa menjadi fasilitas penunjang wisata edukasi yang bisa dibuat semenarik mungkin. Hal ini bertujuan untuk memberikan pusat perhatian wisatawan agar memiliki daya tarik untuk membaca.

Dari ide usulan tersebut, Pemilik Outbound Alas Prambon menyetujui dan mendukung inovasi yang telah diajukan dengan tangan terbuka. Desain plang di Outbound Alas Prambon akan diisi oleh informasi-informasi terkait hewan, tanaman dan budidaya ikan yang ada di sana. Salah satu tanaman yang sudah dibudidayakan di Outbound Alas Prambon adalah pohon jambu kristal, jambu air, pepaya, dan belimbing madu. Selain itu, adapun perencanaan pembudidayaan ikan koi.

Dari hasil survey kepada Pemilik dan Pengunjung Outbound Alas Prambon, pemasangan sign pentunjuk yang baru mendapatkan hasil yang positif. Karena meiliki kesan menarik dan informatif sesuai yang diharapkan oleh pemilik Alas. Dengan luaran ini diharapkan mampu memberikan sedikit sumbangsih untuk pengembangan desa wisata Outbound Alas Prambon menjadi wisata edukasi. Perancangan Sign ini semata diwujudkan secara nyata yang nantinya akan menjadi lebih maju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline