Lihat ke Halaman Asli

Pembukaan Sekaligus Pelepasan Mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Kelompok 32

Diperbarui: 4 Februari 2024   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto bersama pembukaan kkm/dokumentasi pribadi

Assalamualaikum wr wb

Hallo everyone, pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu aktivitas yang akan kami laksanakan di Desa Ngadirdirejo di mana keindahan alam dan kehangatan masyarakat bersatu dalam harmoni yang memikat.

Terletak di dusun krajan, ds.ngadirejo kec.jabung kab.malang, tempat ini menawarkan keindahan alam yg memukau yang disetiap sudut desa memancarkan pesona yang tak terlupakan. Hal ini dikarenakan desa ngadirejo terletak tepat di kaki gunung bromo sehingga pemandangan dengan view pegunungan sudah sangat biasa terlihat oleh warga sekitar.

Sesuai dengan tujuan utama kami dari pengabdian KKM UIN MALIKI MALANG ditugaskan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di wilayah tersebut sambil memberikan pengalaman praktis kepada kami para mahasiswa/i UIN MALIKI MALANG dengan menggalang program2 yang tentunya akan membantu masyarakat untuk mendapat wawasan yg lebih luas lagi.

Hal pertama yang kami lakukan di desa Ngadirejo yaitu pembukaan kegiatan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) yang sekaligus sebagai tanda pelepasan mahasiswa/wi KKM kelompok 32 dengan maksud mengabdi ke masyarakat yaitu tepatnya berada di Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.

Maka, tepat pada tanggal 20 Desember 2023, Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim mendapatkan kesempatan yang sangat luar biasa yaitu mengikuti serangkaian acara pembukaan KKM yang diselenggarakan tepat di Kantor Balai Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pembukaan dilakukan dengan sistematis dengan diikuti oleh Mahasiswa/wi dan juga perangkat desa yang mana dapat kita ketahui Bersama bahwa KKM yang dilakukan akan diselenggarakan di Desa Ngadirejo.
Pembukaan berlangsung dengan hikmat pada siang hari dan sebagaian anggota KKM mengikuti pembukaan yang berada di Kecamatan Jabung. Acara berlangsung dengan diawali oleh pembukaan yang kemudian disusul dengan sambutan yang oleh ketua KKM dan juga bapak DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang diikuti dengan kata-kata pelepasan mahasiswa kkm kepada perangkat desa untuk mengabdi kepada masyarakat. Tak lupa juga dengan pesan-pesan yang disampaikan kepada mahasiswa untuk menjalankan amanah dari kampus dengan segenap hati menjadi pelayan masyarakat selama kurun waktu 40 hari.

Selanjutnya sambutan yang diberikan oleh bapak kepala desa dimana dibarengi dengan pernyataan penerimaan mahasiswa KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) sebagai simbol diterimanya mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarkaat desa Ngadirejo. Dengan senang hati bapak kepala desa menerima kedatangan mahasiswa KKM dari UIN Malang untuk mengabdi di Desa Ngadirejo sekaligus belajar bagaimana cara bermasyarkat dan juga menimba sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman hidup bermasyarakat.

Setelah mendapatkan beberapa wejangan dan pesan dari Dosen dan Perangkat desa, dengan bacaan doa menjadi tanda berakhirnya acara pembukaan sekaligus pelepasan Mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim kelompok 32.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline