Lihat ke Halaman Asli

Raflidio Setyo Budi

Mahasiswa UPN Jatim

Maju dan Berkembang Bersama UMKM: Pendampingan Pembuatan Akun E-Commerce untuk Salah Satu UMKM di Desa Kedungudi

Diperbarui: 7 Desember 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Kedungudi (13-11-2023) --- Pemasaran adalah suatu aktivitas dalam myampaikan barang atau jasa kepada para konsumen, dimana kegiatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Pemasaran suatu produk dapat dilakukan secara online maupun secara offline. Pemasaran online adalah teknik marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, misalnya melalui website, media sosial, iklan, blog, dan sebagainya. Manfaatnya pun banyak dirasakan oleh para pebisnis sebab di era sekarang ini pengguna medsos, situs web, maupun aplikasi berbasis internet selalu meningkat. Pasar yang digunakan dalam pemasaran online disebut e-market, dapat berupa media sosial, marketplace, dan sebagainya. Contoh media platform pemasaran online yaitu shopee, tokopedia, lazada, dll.

Pemasaran melalui Shopee sangat mudah di lakukan serta dapat dilakukan secara online dari rumah. Tahapannya hanya dengan memasukan foto produk, nama produk, dan harga produk pembeli bisa langsung membeli produk tersebut dari mana pun dan kapan pun. Shopee memiliki keuntungan untuk berjualan online karena di Shopee membuka toko tanpa di pungut biaya apapun, jangkauan satu Indonesia, layanan pengiriman lengkap, dan memiliki banyak fitur pendukung untuk jualan sehingga dapat membawa banyak keuntungan bagi penjual.

Desa Kedungudi merupakan desa sentra produksi kerupuk samiler di Kabupaten Mojokerto. Disana terdapat salah satu sektor usaha UMKM Kerupuk Samiler dengan merk dagang Barokah Samiler milik Ibu Is yang telah beroperasi mulai dari tahun 2020. Walaupun banyak pesaingnya namun usaha ini sangat menjanjikan. Namun belum adanya inovasi untuk menjual produknya ke luar daerah Kabupaten Mojokerto.

''Sejak dulu saya ingin untuk memperluas pemasaran roduk saya ke berbagai daerah, utamanya saya ingin mencoba untuk memasarkan produk saya secara online melalui platform shopee. Namun, kurangnya penguasaan saya terhadap plaform digital ini memghambat saya untuk melakukan pembuatan akun dagang di aplikasi tersebut, saya berharap dengan adanya pendampingan pembuatan akun shopee bersama adik-adik mahasiswa ini dapat membantu penjualan produk saya agar lebih meningkat pesat dan dapat lebih dikenal banyak orang,'' Terang Ibu Is.

Dari permasalahan tersebut mahasiswa Program Kompetisi Kampus Merdeka Bina Desa Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Jawa Timur melakukan pendampingan dan pengembangan bisnis kerupuk samiler barokah samiler. Langkah ini dimulai dengan melakukan pendampingan mengenai pembuatan akun Shopee dan akun Gmail serta pembuatan nama Shopee Seller. Setelah pembuatan nama Shopee Seller Langkah selanjutnya adalah memasukkan foto produk, nama produk, alamat pengiriman, dan harga produk. Mahasiswa menjelaskan secara singkat, padat, dan detail bagaimana cara memasukan produk baru ke Shopee Seller. Selain itu mahasiswa juga menjelaskan ke beliau mengenai cara menerima dan menangani oesanan yang akan masuk nantinya.

Harapan kami dengan adanya Program Kerja Pendampingan Pemasaran Produk Kerupuk Samiler ini adalah dapat membantu dan memberikan manfaat terutama bagi Ibu Is selaku owner dari UMKM Kerupuk Samiler 'Barokah Samiler'.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline