Lihat ke Halaman Asli

Bina Desa BEM FPP UMM

Departemen Pengabdiam Masyarakat BEM FPP UMM

Pemasaran Produk Permen Kulit Jeruk dan Pie Jeruk

Diperbarui: 31 Mei 2023   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Pemasaran merupakan sebuah strategi bisnis yang mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan penjualan suatu produk. Pemasaran juga mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain. Lebih rincinya, pemasaran juga mencakup penjelasan terkait produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, hingga pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat. 

Dengan adanya pengetahuan yang cukup terkait pemasaran diharapkan produsen atau penjual dapat memaksimalkan penjualan produknya. Maka dari itu, pemaparan materi terkait pemasaran untuk produk yang akan dijual sangatlah penting.

Kali ini, BEM FPP UMM khususnya divisi Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan Bina Desa di Dusun Binangun, yang salah satu kegiatannya yakni membuat produk berupa permen dari kulit jeruk dan pie jeruk. 

Di samping proses pembuatannya, penting juga untuk memperhatikan bagaimana pemasaran dan distribusi produk, maka dari itu kegiatan ini juga meliputi pemaparan materi terkait pemasaran. 

Materi yang disampaikan meliputi pengemasan produk yang baik, cara untuk mendapat atensi dari konsumen sehingga menarik konsumen untuk membelinya, sekaligus desain terkait logo dan perhitungan nilai penjualan. 

Materi ini disampaikan oleh salah satu anggota BEM FPP UMM, yakni Muhammad Nurjaman di aula Panti Asuhan Aisyiah kota Batu. Setelah dilakukannya pemaparan materi, dilanjutkan dengan praktik pemasaran yang melibatkan ibu-ibu Kelompok Tani Desa Binangun, serta adik-adik dari Panti Asuhan Aisyiah.

Melihat di Dusun Binangun merupakan penghasil buah jeruk maka Bina Desa yang dilakukan oleh BEM FPP berfokus pada pengelolahan buah jeruk dikarenakan Jeruk merupakan komoditas hortikultura buah-buahan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Umumnya buah jeruk dijual dalam kondisi segar dan dikonsumsi secara langsung tanpa pengolahan lebih lanjut. 

Jeruk memiliki manfaat bagi Kesehatan karena mengandung asam organik yang terdiri dari asam sitrat, asam tartarat dan asam askorbat (Vitamin C). Buah jeruk dapat diolah lebih lanjut menjadi suatu produk olahan agar dapat meningkatkan nilai jualnya dan juga menjadi alternatif produk usaha bagi petani. Beberapa produk olahan jeruk yang mudah untuk dibuat diantaranya permen kulit jeruk dan pie jeruk.

Adapun strategi awal pemasaran yang perlu di lakukan dalam lingkup desa yaitu dengan Strategi branding. Strategi  yang coba dikembangkan dalam memasarkan produk permen kulit jeruk dan pie jeruk dirasa cukup efektif dan efisien karena didukung dengan adanya media sosial yang berkembang pesat di kalangan masyarakat Indonesia secara luas. Branding produk dapat dilakukan melalui beberapa cara antara lain, membuat logo yang unik dan iconic serta jargon pendukung sehingga mudah diingat oleh masyarakat secara mudah dan cepat.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline