Lihat ke Halaman Asli

Titin Rahmawati

Jarang pake sendok

Karena Mereka Tidak Tahu Perbedaan Tugas Dokter dan Perawat

Diperbarui: 4 April 2017   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13313063111439249672

[caption id="attachment_175601" align="aligncenter" width="500" caption="Ilustrasi/Admin (Shutterstock)"][/caption]

Dosen saya yang terkenal tegas dan suka cubit2 berkata bahwa pasien yang datang ke rumah sakit adalah orang2 awam. Mereka tidak tau apa2 dan hanya bisa termangu2 melihat suasana rumah sakit yang super sibuk, bau obat dan bahan2 asing lainnya, dan hal2 lain yang tidak bisa ditemukan di rumah sendiri. Karena itu perawat harus memaksimalkan pengetahuannya dibidang keperawatan, jangan ikut2 jadi orang awam yang termangu2 ketika tiba di rumah sakit.

Orang2 terpelajar sekalipun belum tentu mengetahui apa2 saja aktivitas di rumah sakit. Search engine seperti google memudahkan seseorang untuk mengais informasi, tapi belum tentu info itu terpercaya dan belum tentu pula info tersebut lengkap.

Berdasarkan dari google, cerita tetangga, dan desas desus ala halusinasi, orang2 ini secara serampangan memilah mana tugas dokter dan mana tugas perawat. Jika perawat mengerjakan apa yang biasa dilakukan dokter, maka orang2 ini menuduh perawat mengambil kewenangan dokter. Padahal untuk pembaca ketahui, tugas dokter dan perawat itu berada dalam bidang abu2. Oke, katakanlah perawat mengambil kewenangan dokter, tapi jika dalam keadaan darurat dan dokternya entah kemana (dimanaaa dimanaaa dimanaaa : Bimy ft Ayu Thinkthink), apakah perawat harus disalahkan? Perawat harus dipenjarakan seperti kasus Misran? Karena itulah, biar sama2 enak lebih baik pemerintah mengesahkan RUU keperawatan yang telah diperjuangkan dari tahun 1989. Dengan begitu, maka baik tenaga kesehatan maupun masyarakat sendiri bisa tau mana pekerjaan masing2 pihak.

Perawat Mengambil Kewenangan Dokter?

Satu contoh kasus adalah injeksi (menyuntik). Jika anda berpikir bahwa menyuntik adalah tugas perawat, anda salah besar. Menyuntik adalah tugas dokter. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, perawat juga dibebankan tugas ini. Akhirnya terciptalah mindset bahwa menyuntik adalah tugas utama perawat. Padahal urusan invasif (memasukkan sesuatu ke dalam tubuh) adalah tugas dokter.

Setiap tindakan yang perawat lakukan mempunyai alasan. Jadi jangan menggeneralisir bahwa perawat mengambil kewenangan dokter. Jangankan soal pelayanan, perawat pakai jas saja dikritik. Seolah2 yang berhak memakai jas hanya dokter. Serendah itukah perawat?

Perawat malas sehingga minta bantuan keluarga pasien?

Kita ambil lagi sebuah contoh, yaitu menyuapi makan pasien. Pasien yang kehilangan kemampuan untuk bergerak, tentu membutuhkan bantuan untuk melakukan aktivitasnya. Makan tepat waktu sangat penting untuk proses penyembuhan pasien dan mencegah kekurangan nutrisi. Pasien banyak, tapi tenaga perawat terbatas. Perawat punya prioritas, mana yang harus didahulukan untuk diberikan pelayanan kesehatan. Karena itu, perawat berkolaborasi dengan keluarga untuk membantu menyuapi pasien.

Selain itu, ada juga beberapa pasien yang merasa malu disuapi. Disuapi membuat mereka serasa kembali ke masa anak2 sehingga membuat malu. Apalagi disuapi oleh perawat yang baru dikenalnya. Oleh sebab itu, perawat meminta bantuan keluarga untuk menyuapi sehingga pasien tidak terlalu malu dan mau menghabiskan makanannya.

Contoh lainnya ketika melakukan transfusi darah. Sebelum melakukan transfusi darah, darah perlu dihangatkan terlebih dahulu karena sebelumnya dimasukkan dalam pendingin sampai mencapai suhu ruangan (biasanya 30 menit). Kantong darah dibalut dengan handuk, kemudian perawat minta tolong keluarga untuk mengepit (ditaro di ketek) atau memeluk kantong darah tersebut biar hangat.Kemudian perawat melakukan tugasnya yang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline