Lihat ke Halaman Asli

Bimo Adjie Setiawan

Undergraduate Architecture Diponegoro University

Redesain Taman Harjo Mulyo: Menggagas Aspek Aksesibilitas, Vegetasi, dan Potensi

Diperbarui: 13 Februari 2024   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taman Harjo Mulyo kondisi terkini (dokpri)

Taman Harjo Mulyo adalah salah satu taman yang terletak di Desa Lengking, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Taman yang menjadi fasilitas publik bagi warga setempat merupakan ikon dari wilayah tersebut dengan menonjolkan kearifan lokal, yaitu "Tugu Jamu". Letak taman inilah menjadi strategis untuk banyaknya aktivitas masyarakat, baik pejalan kaki maupun berkendara selalu melewati jalan di Desa Lengking itu sendiri.

Pada tanggal 5 Januari - 10 Februari 2024, anggota Tim KKN I Undip, Bimo Adjie Setiawan (Mahasiswa Arsitektur), melakukan pengamatan selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lengking. Di dapatkan beberapa permasalahan yang terjadi di antaranya masih kurangnya penghijauan sehingga membuat suasana menjadi tidak asri dan mengakibatkan penurunan pengunjung di Taman Harjo Mulyo. 

Dari permasalahan tersebut, muncul ide dan inovasi dalam mendesain ulang Taman Harjo Mulyo sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai pada masyarakat Desa Lengking. Perubahan dengan ditingkatkan penghijauan berupa adanya pohon ketapang kencana yang memiliki daun cukup rindang namun tidak mengganggu pandangan dari jalan serta ditempatkan di 4 titik area taman. 

Ditambahkan juga bangku taman melingkar guna titik kumpul pengunjung taman. Selaim itu, pemanfaatan potensi material berupa bambu sebagai partisi atau pembatas kolam, memiliki nilai estetika, dan keamanan.

Hasil Redesain Taman Harjo Mulyo (dokpri)

Hal yang terpenting dari tahap pengembangan taman ini adalah mempertahankan bagian bagian taman yang masih ada, baik elemen yang masih ada maupun material yang masih terpasang pada taman ini. Dari redesain Taman Harjo Mulyo diharapkan dapat menunjang bagi pengguna taman dari segi kebutuhan, estetika, dan kenyamanan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline