Lihat ke Halaman Asli

Bimo Nugroho

mahasiswa

Mengapa Menggunakan Media Sosial?

Diperbarui: 4 Mei 2021   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial dulunya hanya untuk bersenang-senang, tetapi tidak lagi.

Media sosial sekarang menjadi bagian penting dari cara orang di sebagian besar lapisan masyarakat berkomunikasi dan bagian penting dari cara menyelesaikan pekerjaan - dari perusahaan hingga pemerintah. Merefleksikan betapa pentingnya media sosial, Departemen Keamanan Dalam Negeri mengumpulkan profil media sosial dari calon imigran sebagai bagian dari proses evaluasinya.

Media sosial memungkinkan Anda melakukan setidaknya empat hal penting:

  • Temukan ide dan trend baru.
  • Terhubung dengan audiens yang ada dan baru dengan cara yang lebih dalam
  • Bawa perhatian dan lalu lintas ke pekerjaan Anda.
  • Bangun, buat, dan tingkatkan merek Anda.

Ketika media sosial menjadi lebih populer - diperkirakan 81 persen orang Amerika memiliki akun media sosial - ada juga lebih banyak contoh orang yang mendapat masalah karena kebiasaan jejaring sosial mereka. Faktanya adalah tidak mungkin memisahkan penggunaan sosial untuk pribadi dari profesional, dan semua yang Anda katakan secara online dapat dan akan digunakan untuk melawan Anda. Ada cara di mana Anda dapat mencoba untuk melindungi privasi Anda dan mengontrol siapa yang melihat konten tertentu, tetapi tanggung jawab ada pada Anda untuk waspada. Jadi, semakin serius Anda melakukan aktivitas media sosial Anda, semakin baik.

Media sosial berubah sepanjang waktu, jadi penting untuk terus mengikuti evolusi platform dan terus mencari cara untuk mengoptimalkan penggunaan alat yang tersedia. (Twitter dan Snapchat, misalnya, baru-baru ini mengumumkan perubahan besar yang dijelaskan di bawah ini.)

Jika Anda tidak bekerja untuk diri sendiri, perhatikan kebijakan perusahaan tentang penggunaan media sosial - semakin banyak perusahaan yang melembagakan atau merevisi kebijakan mereka.

LinkedIn

Jejaring sosial yang serius dan profesional ini tidak boleh diabaikan oleh individu atau bisnis. LinkedIn, dengan 500 juta anggotanya, adalah jaringan profesional klasik dan tidak digunakan seoptimal mungkin. Ketika saya mengajar kelas di media sosial, saya bertanya "Siapa di LinkedIn?" dan hampir semua tangan terangkat. Tapi kemudian saya bertanya, "Siapa yang tahu apa yang mereka lakukan di LinkedIn?" dan sebagian besar tangan jatuh.

Kebanyakan orang hanya menerima begitu saja dan mulai menggunakannya dengan panik ketika mereka harus berganti pekerjaan. Seringkali terlambat pada saat itu. Anda lebih baik belajar menggunakannya saat Anda tidak membutuhkannya. LinkedIn berfungsi paling baik jika Anda menggunakannya sebagai alat manajemen karier dan tidak hanya untuk mencari pekerjaan.

Memperluas Jaringan dan Pengaruh Anda

LinkedIn menawarkan berbagai cara untuk memperluas jaringan Anda dengan mencari dan terhubung dengan profesional yang relevan di industri Anda. Kuncinya adalah menemukan, mendekati, dan terhubung dengan orang yang sudah Anda kenal, orang yang ingin Anda kenal, dan orang yang harus Anda kenal. Anda juga harus memposting konten Anda sendiri, memamerkan keahlian Anda secara teratur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline