Lihat ke Halaman Asli

Purwanto (Mas Pung)

Pricipal SMA Cinta Kasih Tzu Chi (Sekolah Penggerak Angkatan II) | Nara Sumber Berbagi Praktik Baik | Writer

Asesmen Sumatif Satu Siklus dengan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 28 Maret 2023   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar. 4 Things All Project-Based Learning Teachers Should Do (https://www.robotlab.com)

Kekuatan jejak digital sangat luar biasa. Ini sudah yang kesekian kali saya mendapatkan mandat menjadi narasumber praktik baik penerapan Kurikulum Merdeka melalui penelusuran jejak digital. Kali ini pihak yang mengundang saya adalah Direktorak Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Mereka menemukan profil saya dari dasboar Plaform Merdeka Mengajar (PMM). Saya rajin belajar mandiri di PMM dan mengunggah karya saya di Bukti Karya Saya.

Pada kesempatan ini saya diminta berbagi praktik baik asesmen sumatif di satuan Pendidikan. Artikel ini merupakan materi yang akan saya bagikan pada kegiatan berbagi praktik baik yang diformat dalam acara TalkShow. Asesmen Sumatif, satu siklus dengan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Baca Juga: Refleksi Asesmen: Asemen Sumatif Mengukur Proses Capaian Pembelajaran Bukan Daya Ingat Peserta Didik

Sebelum saya berbagi mengenai asesmen sumatif, penting kita ketahui bahwa ada dua jeni sasemen, yaitu asemen formatif dan asesmen sumatif. Pada artikel ini saya akan fokus pada sesmen sumatif.

Pengertian dan Prinsip Asesmen Sumatif

Asesmen sumatif adalah asesmen yang bertujuan untuk menilai capaian tujuan pembelajaran (TP) dan/atau CP peserta didik dan sebagai dasar penentuan kenaikan fase/kelas dan/atau kelulusan dari satuan Pendidikan.

Prinsip Asemen Sumatif

  • Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik.
  • Dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai TP
  • Dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar serta menentukan keputusan dan dasar menyusun program
  • Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif (karakter dan kompetensi yang dicapai)
  • Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk peningkatan mutu pembelajaran

Ilustrasi gambar. Asesmen sumatif akhir semester satuan pendidikan (dok.pri)

 

Caranya Merancang Asesmen Sumatif dalam Kurikulum Merdeka

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline