Lihat ke Halaman Asli

Mencari Lafadz pada Al Quran

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemajuan teknologi adalah ibarat pisau bermata dua. Seperti teknologi informasi saat ini yang semakin berkembang. Banyak bertebaran website atau alamat situs yang dapat membantu kita mencari referensi, membantu kita dalam bersilahturahmi dan lain sebagainya. Banyak manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh jika benar dalam penggunaanya.  Atau malah bisa saja kita terjerumus dalam kesalahan jika tidak benar dalam pemanfaatannya. Yang perlu diingat, kita harus selektif dalam menggunakannya.

Dalam bahasan kali ini, saya akan memberikan referensi website. Seringkali bagi kita (moslem) ingin mengetahui lafaz/ lafadz arab yang merupakan potongan do'a, yang berasal dari Al Quran. Atau kita memerlukan referensi lafaz quran namun kita lupa secara lengkapnya dan hanya ingat lafaz latinnya.

Dengan teknologi pencarian yang berkembang, kita dapat menggunakan website Lafzi,  adalah aplikasi pencari lafaz pada Al-Quran. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada Al-Quran hanya dengan aksara Latin biasa, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab. Website yang merupakan hasil dari salah satu penelitian skripsi Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor.

dapat dikunjungi pada alamat : http://himalkom.ipb.ac.id/fonetik/web/

Dan contoh proses pencarian :

Sangat membantu kita untuk melakukan pencarian lafaz di Al Quran dari bahasa latin bukan. Semoga bisa terus dikembangkan.

Demikian bahasan referensi website untuk edisi kali ini.

Hmm, semoga barokah bagi pembuatnya. Dan bermanfaat bagi kita semua. :)

source image & part of content : lafzi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline