Lihat ke Halaman Asli

Billy Steven Kaitjily

Penulis dan Narablog

Benteng Torre: Saksi Bisu Kekayaan Rempah Tidore dan Serangan Spanyol yang Menghancurkan

Diperbarui: 21 Desember 2023   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret Benteng Torre di Tidore Kepulauan sebelum direnovasi. (sumber gambar: tunawisma.com/Wirawan Winarto)

Dari Ternate, kita menuju Tidore Kepulauan (disingkat Tikep). Tidore Kepulauan memiliki sejarah yang panjang, terutama sebagai tempat kelahiran Pahlawan Nasional, Sultan Nuku.

Di sini, terdapat sejumlah benteng peninggalan bangsa Eropa (Portugis dan Spanyol). Selain itu, Tidore Kepulauan memiliki keindahan alam yang menawan, mulai dari pantai berpasir putih, gunung berapi, hingga hutan tropis.

Jelajah kita di Tidore Kepulauan tidak berfokus pada keindahan alamnya, meskipun hal itu tidak terhindarkan. Jelajah kita lebih berfokus pada tempat-tempat bersejarah, khusunya, benteng yang dibangun oleh bangsa Eropa, ketika mendarat di Tidore. Lain waktu, kita akan jelajah keindahan alam dan budaya di Tidore Kepulauan.

Menurut laporan Kumparan.com., ada sekitar 9 benteng yang didirikan di Tidore Kepulauan, antara lain: Benteng Tomanyira dan Benteng Maresco yang terletak di Kelurahan Mareku. Benteng Mare terletak di Pulau Mare. Benteng Torre dan Benteng Tahula terletak di Kelurahan Soa-sio. Benteng Romeo terletak di Kelurahan Rum. Benteng Cobo dan Benteng Biji Negara terletak di Kelurahan Toloa, dan satu benteng lagi di Kelurahan Ome, yang jejaknya mulai hilang.

Pada jelajah kali ini, kita akan menjelahi Benteng Torre yang terletak di Kelurahan Soa-sio, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan. Untuk memudahkan penjelajahan kita, saya akan membuatkan peta jelajah.

Pertama-tama, kita akan menelusuri asal-mula Benteng Torre, lalu melihat peran benteng ini pada abad ke-16, kemudian menggali peristiwa-peristiwa penting yang melatarbelakangi benteng Torre.

Sudah siap jelajahi Benteng Torre? Kalau sudah siap, yuk mari kita mulai petualangan kita. Supaya petualangan kita ini jadi asyik dan menyenangkan, mungkin baik bila kalian menyiapkan secangkir kopi atau teh untuk teman perjalanan. He-he.

Asal-usul Berdirinya Benteng Torre

Menurut laporan Kemdikbud.go.id., Benteng Torre didirikan pertama kali oleh Portugis pada tahun 1578 di bawah kepemimpinan Sancho de Vasconcelos, setelah mendapatkan restu dari Sultan Gapi Baguna.

Siapakah Sultan Gapi Baguna? Ia adalah Sultan Tidore yang keenam di Kepulauan Maluku. Ia memerintah dari tahun 1560 sampai tahun 1599.

Menurut laporan Kompas.com., Benteng Torre didirikan di atas bukit batu di pesisir barat Tidore - berhadapan langsung dengan Pulau Halmahera dan Pulau Ternate. Bentuknya segi empat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline