Lihat ke Halaman Asli

Billy Steven Kaitjily

Penulis dan Narablog

Krendang Raya, Wisata Kuliner Malam Khas Kalimantan Barat yang Tak Pernah Sepi

Diperbarui: 21 November 2023   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Krendang Raya, Wisata Kuliner Malam Khas Kalimantan Barat yang Tak Pernah Sepi. (sumber: dokpri/Billy Steven Kaitjily)

Kota Jakarta Barat dikenal sebagai kota administrasi, jadi nggak heran kalau ada banyak wisata kuliner di sini. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran berbintang di kawasan ini, memiliki aneka menu lezat yang bakal membuat kalian ketagihan.

Salah satu wisata kuliner di kawasan Jakarta Barat yang terkenal terletak di Jl. Krendang Raya, Jembatan Lima, Tambora. Kawasan ini terkenal terutama karena penduduknya berasal dari Singkawang dan Pontianak, Kalimantan Barat.

Karena itu, kuliner di kawasan ini kebanyakan adalah kuliner dengan cita-rasa atau khas Kalimantan Barat. Lantas, apa saja kuliner khas Kalimantan Barat yang ada di kawasan ini?

1. Nasi Campur Pontianak

Pertama kali saya nyobain nasi campur Pontianak ini, ketika sedang bantu mindahin barang-barang seorang teman dari Krendang ke rusun di daerah Tanah Abang.

Saat sedang beristirahat, dia membeli kami nasi campur Pontianak. Isinya nasi hainam dengan topping samcan, lapciong, telur ayam, sayur asin, dan timun. Enak banget.

Ada juga kuah kental dan kuah angkak merah yang menjadi ciri khas nasi campur Pontianak. Harganya sekitar Rp 42.000 per porsi.

2. Bubur Singkawang

Bubur yang satu ini berbeda dengan bubur Indonesia pada umumnya yang menggunakan kari ayam. Bubur khas Singkawang ini memiliki rasa yang cenderung tidak gurih, dan teksturnya tidak terlalu kasar.

Saya pernah nyobain bubur Singkawang ini sekali ketika sedang sakit. Topping pada bubur ini macam-macam seperti ikan teri, udang, dan cumi. Kalian juga bisa menambahkan telur mentah di dalamnya. 

3. Roti Srikaya

Roti srikaya ini benar-benar enak banget. Untuk roti sendiri terdiri dari 3 pilihan: roti goreng, roti kukus, dan ada yang seperti bakpao.

Rotinya dipakein mentega dan selai srikaya. Selai srikayanya dikasi banyak banget. Saya lebih doyan roti goreng ketimbang roti kukus, karena gurih. Harganya termasuk murah, hanya Rp 3000 per buah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline