Lihat ke Halaman Asli

Billy Steven Kaitjily

TERVERIFIKASI

Nomine Best in Opinion Kompasiana Awards 2024

Sekolah Minggu di Tengah Arus Perubahan Zaman: Tantangan dan Peluang

Diperbarui: 4 Oktober 2023   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Pinterest

Tulisan ini, sebetulnya, terinspirasi dari artikel yang ditulis oleh teman Facebook saya bernama Made Nopen Supriadi (alm.). Artikel yang berjudul "Integrasi Teologi dan Media Sosial dalam Pengajaran Iman Kristen bagi Generasi Z" ditulisnya dalam sebuah buku bunga rampai Menyemai Pelayanan Gereja dalam Konteks Post Milenial (Luwuk: Pustaka Star's Lub, 2021), 128. Saya kemudian mengaitkan artikelnya itu dengan isu Sekolah Minggu pada masa kini.

Sadar atau tidak, gereja kita hari ini, sedang berada di tengah-tengah arus perubahan zaman yang luar biasa dahsyat. Douglas Groothuis, dalam bukunya yang berjudul Pudarnya Kebenaran menyatakan, para sejarawan dan sosiolog membagi budaya dalam tiga zaman, yaitu pramodern, modern, dan postmodern. Selanjutnya, Ramly B. Lumintang, memberikan penjelasan yang cukup lengkap mengenai inti dari setiap zaman. Pertama, era pramodern ditunjukkan dengan sedikitnya perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial, keragaman religius (baca: agama) tidak banyak terjadi; era ini terjadi pada abad ke-1 sampai abad ke-14. Kedua, era modern yang menunjukkan perkembangan peradaban manusia yang mendasarkan kehidupan pada pengetahuan rasio, bukti-bukti empiris, penemuan ilmiah dan teknologi; era ini terjadi pada abad ke-15 sampai abad ke-19. Ketiga, era postmodern yang menunjukkan perkembangan kehidupan manusia dengan spirit relativisme dan lokal dan ini terjadi pada abad ke-20 sampai abad ke-21.

Meskipun ada perubahan zaman, namun menurut H. W. B. Sumakul, era postmodern ini dapat menunjukkan adanya diskontinuitas; ada hal-hal yang terus berlanjut dari apa yang ada pada era modern, tetapi ada juga yang tidak berlanjut. Meskipun ada hal yang tidak berlanjut, yaitu sikap universalitas dan obyektif terhadap sebuah kebenaran menjadi bersifat lokal dan subyektif pada era postmodern, namun banyak hal tetap eksis dan dilanjutkan dari era modern, secara khusus dalam prinsip penggalian dan penggunaan teknologi.

Harus kita akui bahwasannya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pemakainya telah menjadi sebuah standar untuk menentukan ragam generasi pada masa kini. Yanuar Surya Putra, dalam penelitiannya tentang teori perbedaan generasi menjelaskan bahwa ada dua hal utama yang mendasari pengelompokkan generasi: faktor demografi dan sosiologis. Faktor demografi tentang kesamaan tahun kelahiran, sedangkan faktor sosiologis tentang kejadian-kejadian historis. Dalam artikel ilmiahnya, Achmad Faqilhuddin manyatakan bahwa ada empat generasi yang lahir setelah perang dunia kedua. Pertama, generasi baby boom yang lahir tahun 1946-1964, generasi X yang lahir tahun 1965-1976, generasi Y yang lahir tahun 1977-1997, dan generasi Z yang lahir tahun 1988 sampai sekarang. Faqihuddin kembali menjelaskan bahwa generasi Z adalah generasi mobile atau net generation, karena bertumbuh bersama dengan kemajuan teknologi, generasi Z adalah pengguna aktif IT, media sosial, dan smartphone. Hal ini jelas merupakan tantangan tersendiri bagi gereja dalam mendidik generasi Z.

Pipit Fitriyani, dalam tulisannya tentang pendidikan karakter bagi generasi Z menjelaskan bahwa bentuk pembelajaran kepada generasi Z perlu mengembangkan model pembelajaran Higher Ordes Thingking Skill (HOTS). Ini adalah model pembelajaran dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi; peserta didik diajarkan untuk berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, berpikir kreatif dan analisis, serta mengurangi penghafalan dan rumus-rumus. Data tersebut, menunjukkan adanya problematika dalam memberikan pendidikan kepada generasi Z. Meskipun generasi ini adalah generasi yang mandiri dalam mengembangkan pengetahuan, namun pola pengajaran teologi terhadap generasi Z menuntut para guru Sekolah Minggu untuk meningkatkan metode dalam penyampaian bahan ajar dan mampu memberikan sebuah terobosan yang kreatif dan menarik bagi generasi Z.

Pentingnya Teologi Kristen

Sebelum saya memberikan sebuah pemikiran tentang bentuk penyampaian pengajaran yang sesuai dengan generasi Sekolah Minggu masa kini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu pentingnya teologi Kristen bagi generasi Sekolah Minggu pada masa kini.

Teologi Kristen adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting, yang perlu diisikan dalam kehidupan generasi Sekolah Minggu masa kini. Stevri I. Lumintang, dalam bukunya yang berjudul Keunikan Teologia Kristen di Tengah Kepalsuan, menjelaskan alasan mengapa teologi Kristen itu siginifikan menjadi isi dalam kehidupan manusia. Pertama, teologi adalah dasar, pemahaman, pengalaman, dan perbuatan orang percaya. Kedua, teologi adalah nilai hidup, pemikiran, kerja dan pelayanan orang percaya. Ketiga, teologi Kristen adalah kekuatan bagi pertumbuhan, pelayanan dan pertahanan orang percaya. Keempat, teologi memperdalam pemahaman orang percaya. Kelima, teologi memperkaya karakter orang percaya. Keenam, teologi memaknai pengalaman baik dan buruk orang percaya. Ketujuh, teologi membentengi pemahaman, keyakinan, karakter, dan pengalaman orang percaya. Kedelapan, teologi memurnikan motif hidup dan pelayanan. Kesembilan, teologi mendinamiskan hidup dan pelayanan orang percaya. Kesepuluh, teologi Kristen memaksimalkan hidup dan pelayanan orang percaya.

Meskipun teologi Kristen sangat penting, namun perlu kami tegaskan di sini bahwa tidak semua teologi dapat dijadikan isi (baca: bahan ajar) bagi kehidupan anak-anak Sekolah Minggu masa kini. Ada banyak sekali teologi di luar sana yang menyimpang dari iman atau ajaran Kristen sejati. Karena itu, guru Sekolah Minggu perlu berhati-hati. Guru perlu meninjau teologi seperti apa yang hendak ia ajarkan kepada anak-anak Sekolah Minggu. Bagaimana mendeteksi teologi yang menyimpang? Apa ciri-cirinya? Ciri-ciri teologi yang menyimpang antara lain: menolak Trinitas (Allah Tritunggal), menolak Alkitab (66 Kitab) sebagai firman Allah tanpa salah, mensejajarkan wahyu khusus dan wahyu umum atau menempatkan wahyu khusus di atas wahyu umum.

Pengajaran doktrin Kristen yang sehat adalah sebuah kebutuhan mendesak pada masa kini. Anak-anak kita yang cenderung menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk berselancar di internet (menonton dan membaca banyak informasi dari internet), perlu mendapat perlindungan (proteksi) dalam konsep berpikir. Lori, dalam tulisannya yang dimuat di jawaban.com menuliskan tiga website yang banyak menjebak orang Kristen kepada konsep iman atau ajaran Kristen yang salah: jw.org milik saksi-saksi Yehuwa, churchofjesuschrist.org & LDS milik kelompok Mormon, dan patheos.com media online non-denominasi, tetapi mengajarkan konsep agnostik.

Selain itu, kami mengamati banyak sekali situs YouTube yang paling diminati oleh orang Kristen, termasuk generasi Z, adalah situs-situs yang sebenarnya menyimpang dari iman atau ajaran Kristen sejati, salah satunya adalah YouTube dengan nama Gereja Tuhan Yang Mahakuasa, dan tentu masih banyak lagi situs-situs yang perlu diwaspadai ajarannya. Kami melihat maraknya perdebatan teologi di media sosial (medsos), pada satu sisi memberikan peneguhan iman bagi mereka yang telah mengerti teologi. Namun, pada sisi lain, perdebatan itu justru menimbulkan kebingungan bagi generasi Z yang belum mempunyai dasar teologi yang kuat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline