Lihat ke Halaman Asli

Beberapa Tips Pola Hidup Sehat Bagi Workaholic

Diperbarui: 9 Oktober 2019   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada masa kini, persaingan dalam dunia kerja semakin ketat dan sulit untuk mencari cela dalam mengungguli bidang yang kita tekuni. Oleh karena itu tak sedikit seorang pekerja yang bekerja keras siang malam dan memprioritaskan pekerjaan dalam hidupnya agar dapat tercapai puncak dari tujuannya. Hal tersebut meskipun memiliki tujuan yang positif, namun terdapat beberapa hal negatif yang perlu diperhatikan yaitu mengenai pola hidup sehat yang terkesampingkan. 

Beberapa tips mengatur pola hidup sehat bagi seorang workaholic diantaranya :

1. Istirahatkan sejenak badan dan pikiran beberapa menit dalam selang saat bekerja.

Karena aktifitas kita yang cenderung padat dan tanpa henti, kita perlu ingat bahwa tubuh kita memerlukan istirahat. Istirahat yang dimaksud tidak harus berupa tidur, namun dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan yang kita sukai yang dapat membuat kita rileks, misalnya seperti membaca buku yang kita sukai, mendengarkan musik, atau dapat dengan berbaring saja.

2. Hindari makanan / minuman yang kurang bergizi / junkfood.

Dengan aktifitas yang begitu beragam dan menyita banyak waktu, biasanya dapat menyebabkan kita hingga lupa makan, dan tiba-tiba terasa lapar pada waktu tertentu dan ingin makan sesegera mungkin, sehingga seringkali kita memilih membeli junkfood karena waktu pembuatannya cenderung cepat dan rasanyapun lezat. Namun hal itu tentunya tidak baik bagi tubuh kita, karena tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga tubuh kita dapat mampu untuk menjalankan berbagai macam aktifitas yang akan kita jalani.

3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang segar.

Buah dan sayur memiliki berbagai macam vitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh kita. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. 

Serat dalam sayur dan buah juga berperan dalam mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

4. Minum vitamin jika diperlukan.

Terkadang dengan aktifitas kita yang padat kita jadi kurang memperhatikan pola makan kita, sehingga tubuh kita kekurangan akan vitamin, maka perlu dibantu deengan mengkonsumsi suplemen  agar dapat menjaga daya tahan tubuh kita tetap fit. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline