Selain pertanyaan: Apakah Orang Papua masih makan orang, adalah pertanyaan: "Apakah semua orang Papua Beragama Kristen?", Saya akan menjawab: "Tidak, karena orang-orang Asli Papua di beberapa Wilayah serperti Fakfak, Kaimana dan Teluk Bintuni merupakan daerah dengan mayoritas penduduk muslim sejak ratusan tahun lalu. Mereka akan menimpali: "Maksud kami, orang asli Papua, hitam dan keriting, bukan pendatang dari makassar atau jawa", saya lalu menjawab balik: "Yah betul, Papua asli". Saya saat itu memang belum berkesempatan menginjak Fakfak, Kaimana, atau Teluk Bintuni, dan lebih dari sewindu kemudian, tidak disangka saya bolak-balik daerah ini untuk menjalankan pekerjaan saya di Yayasan Kitong Bisa.
Malam ini, adalah malam pertama saya menghabiskan Bulan Ramadhan di Kota Pala Fakfak, Salah Satu Kabupaten di Papua Barat ini. Bersama dengan teman saya: Nani Uswanas, yang adalah orang Papua Asli Fakfak beragama muslim yang memberikan saya tumpangan di rumah keluarganya selama di sini, tiap malam, kami menonton pertandingan futsal persahabatan, mengisi waktu tunggu sahur, yang dinamakan: "Sahur Cup".
Cerita saya ini ini memberi gambaran mengapa di Daerah Mayoritas Muslim di Papua, kerukunan antar umat beragama begitu tinggi dan tujuannya agar memberikan himbauan bagaimana indahnya adat orang asli Papua ini dapat dipertahankan selamanya. Saya tegaskan bahwa tulisan saya sebagai anak Papua ini lebih fokus kepada unsur penjabaran budaya Tanah Papua dari wilayah adat Bomberay ini, dan bukan untuk menyerang agama tertentu. Mari belajar dan refleksi bersama....
Disaat anak dan remaja di Jakarta menyanyikan lagu pembantaian sambil membawa obor dan rebana, Remaja Muslim Papua di Fakfak memilih bermain futsal setelah tarawih untuk mempromosikan solidaritas persaudaraan beda agama
Peluit tanda pertandingan akan di mulai ditiup, dan dua tim berseragam resmi futsal beranggotakan kira-kira 10 orang dalam satu tim memasuki lapangan futsal, sebagian besar hitam keriting, asli Papua, dan tampak satu atau dua orang mengenakan Kalung Salib atau atribut agama nonmuslim. Saya tertarik dan bertanya kepada panitia, untuk apa pertandingan ini diadakan, dan apa filosofi di balik diadakannya pertandingan persahabatan ini.
Ketua panitia acara ini, seorang putra Fakfak menjelaskan bahwa mereka ingin memberikan kesempatan kepada remaja Papua di Fakfak untuk dapat mengisi waktu mereka menunggu sahur dari setelah tarawih dengan kegiatan yang produktif (Saya sekejap terkesan, melihat betapa cerdasnya mereka mengisi waktu tunggu antara sahur dan tarawih dengan kegiatan yang positif). Sesekali diskusi kami terhenti sejenak saat lantunan ayat suci dan nyanyian rohani muslim berkumandang di speaker gedung futsal indoor tersebut.
Perbincangan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh sang penyelenggara ini, bahwa mereka mengundang remaja seluruh masjid sekota Fakfak, untuk bertanding, sekaligus membina silahturahmi di antara mereka (lagi, saya terkesan dengan pendekatan ini, karena saya melihat, dengan melibatkan perkumpulan remaja masjid dengan aktifitas beragam seperti ini, maka perkumpulan remaja masjid ini dapat menggantikan peran Karang Taruna yang telah di bentuk oleh negara bertahun lalu, akan tetapi semakin sirna perannya bagaikan di telan bumi). Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi perkumpulan remaja masjid untuk menunjukkan eksistensi mereka secara positif.
Inklusifitas dan pelibatan kegiatan Remaja Masjid untuk pemuda non-muslim untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan mengurangi konflik
Berikutnya, saya penasaran ketika melihat bahwa penonton dan pemain dari latar belakang agama yang berbeda berinteraksi dengan hangat di lapangan, seperti ada penonton wanita yang mengenakan hijab bergandeng tangan dengan temannya yang menggunakan kalung Rosario. Begitu pula pemain futsal sendiri, ada yang mengenakan gelang salib.
Sang ketua panitia menjawab bahwa memang mereka memberikan rekomendasi kepada tim futsal dari remaja masjid tersebut untuk inklusif dan mengajak mereka yang berasal dari latar belakang Nasrani atau Katolik untuk menjadi bagian dari tim futsal tersebut. Saya sekali lagi betul-betul terkesan, dan ini adalah alasan saya menonton pertandingan ini beberapa malam berturut-turut sebelum harus kembali ke Jakarta, selain memang setiap malam saya menikmati permainan Indah yang disuguhkan oleh bakat-bakat Putra Papua dalam mengolah bola di lapangan.
Hal ini sangat bertautan dengan teori yang di hasilkan oleh Gunnar Lemmer dan Ulrich Wagner para peneliti jerman dari Philipps-University Marburg pada tahun 2015, yang mengatakan bahwa pengurangan konflik adalah bukan dengan membuat sekat-sekat pemisah antar warga makin melebar, akan tetapi justru melebur dan meningkatkan kontak antara group yang berbeda untuk mengurangi pandangan yang salah satu sama lain.