Lihat ke Halaman Asli

Sebentar Lagi Idul Adha, Berikut Tips untuk Memilih Daging Sapi yang Segar!

Diperbarui: 18 Juni 2023   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: caritau.com

Sapi merupakan hewan ternak yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, selain rasa daging sapi yang khas dan gurih, daging sapi merupakan salah satu penghasil protein hewani yang baik dan berguna bagi tubuh.


Daging sapi memiliki tekstur yang mudah di makan, dan tidak terlalu berserat, sehingga banyak masyarakat yang mengolahnya menjadi bermacam-macam jenis makanan, contohnya adalah sate, rendang, gulai, dll.


Meskipun daging sapi memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal, tetapi hal itu tak membuat masyarakat menjadi enggan untuk memperjual belikannya. Terutama bagi para umat Islam yang hendak sebentar lagi melaksanakan hari raya Idul Adha, atau hari qurban. Perlu teliti dalam memilih daging yang sehat dan baik untuk dikonsumsi.


Banyak masyarakat awam yang tak mengetahui bagaimana daging yang sehat dan baik, sehingga terkadang tak sengaja mengkonsumsi daging yang sudah tak layak konsumsi, dan itu dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan untuk kedepannya, seperti diare, muntah-muntah, dan juga demam.


Tapi jangan risau, ini dia 7 Tips untuk memilih daging yang aman dan baik untuk dikonsumsi.


1. Teliti terhadap aroma daging yang keluar


Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah aroma daging yang ingin dibeli maupun yang sudah ada dalam stok makanan. Daging sapi dengan kualitas yang baik biasanya memiliki aroma daging yang khas, seperti aroma daging baru dipotong. Sedangkan daging dengan kualitas yang sudah tidak bagus, akan memiliki aroma yang cenderung tidak sedap dan sedikit asam.


2. Perhatikan warna daging


Dan tips berikutnya adalah, perhatikan warna daging sapi yang akan diolah. Daging sapi yang memiliki kualitas baik dan bagus adalah daging yang berwarna kemerahan dan tampak segar. Juga dianjurkan untuk jangan memilih daging yang sudah pucat dan tidak segar, daging dengan warna pucat, memiliki resiko bahwa daging tersebut sudah tidak baik untuk dikonsumsi.


3. Tanyakan kapan daging tersebut kedaluwarsa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline