Lihat ke Halaman Asli

Lebaran dan Serba-serbi Tradisinya

Diperbarui: 19 April 2023   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran adalah momen yang paling ditunggu oleh umat Muslim setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Puasa menahan dahaga dan hawa nafsu seakan terbayar ketika bisa merasakan syahdu nya pagi Hari Raya esok hari.

Hari Raya Idul Fitri diwarnai dengan sukacita kebahagiaan, karena disaat itu lah seluruh anggota keluarga dapat berkumpul kembali setelah setahun berpencar melaksanakan aktivitas masing-masing.

Di Indonesia yang mayoritas agama dianut adalah Islam, memiliki berbagai tradisi dalam menyambut Lebaran. Simak ulasan berikut ini:

1. Takbiran

Pada malam sebelum lebaran biasanya dihiasi dengan gema takbiran dari masjid-masjid maupun mushola yang dilakukan selepas Sholat Isya. Biasanya takbiran dilakukan selama 3 hari, sebelum lebaran maupun sesudahnya.

2. Pawai obor
Di beberapa daerah di Indonesia masih sering dijumpai pawai obor. Pawai obor dilaksanakan saat malam takbiran, dengan iring-iringan orang-orang yang membawa obor dan bertakbir menjadikan pawai obor adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

3. Kembang api

Selain mewarnai malam Hari Raya dengan takbiran, bermain kembang api maupun petasan juga tak boleh ketinggalan. Keseruan yang tercipta dari bermain kembang api, membuat perayaan Hari Raya Idul Fitri menjadi semakin berarti.

4.  Mudik

Berpulang ke kampung halaman menjadi tujuan utama dalam perayaan lebaran di setiap tahun. Dengan berkumpul dengan sanak saudara menjadi kebahagiaan tak ternilai bagi para perantau yang bisa menyempatkan diri untuk mudik. Pada saat mudik, orang-orang biasanya akan membawa oleh-oleh dari tempat mereka merantau untuk di bawa pulang ke kampung.

5.  THR

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline