Lihat ke Halaman Asli

Bilgis KhoirunNisa

seorang MABA yyang PRnya banyak, dan yang harus ditambah semangat belajarnya:)

S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama'

Diperbarui: 23 November 2020   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamualaikum teman" :)

Kembali lagi sama aku, Disini aku akan membahas apa sih yang akan kita pelajari ketika masuk atau memilih prodi IKM UNUSA maupun di kampus lain:) Oh iya, Bagaimana kabar kalian semoga tetap sehat dan dalam lindungan-Nya :)

Nah bagi kalian yang lagi bingung atau masih gak paham tentang IKM boleh deh di baca sampai selesai yaaa :) kalau kalian masih gak paham boleh tinggalkan komentar sebagai acuan aku untuk bisa menjelaskan lebih detail di tulisan" ku selanjutnya :)

Oke,

Jadi ketika kalian masuk di prodi IKM kalian akan mendapatkan mata kuliah ( matkul) kurang lebih seperti anak kesehatan pada umumnya, contoh: ada anatomi fisiologi dan dasar biomedik. Di sini kita juga terdapat praktek" yang dilakukan di laboratorium.

Di IKM akan di ajarkan bagaimana sih kita sebagai orang kesehatan dalam mempromosikan kesehatan kepada masyarakat. Jadi inilah letak perbedaan kita seoran kesmas, dengan dokter maupun perawat. Dokter sebagai penyembuh, perawat juga bisa dibilang pembantu dokter dalam menyumbukan sebuah penyakit, berbeda halnya bagi orang" kesmas yang mana mereka adalah pencegah adanya penyakit, jadi kita mengedukasi masyarakat untuk tau apa saja sebab dan akibat penyakit bahkan kita juga menginformasikan bagaimana penyembuhannya baik secara alami maupun dengan bantuan dokter. 

Kita juga bisa menginformasikan apa saja yang di butuhkan ketika kita akan melakukan pemeriksaan dengan dokter, tata cara maupun informasi yang liannya. Jadi kita seorang mesmas harus bisa atau malah dituntut cara berbicara yang baik dan benar ketika di depan umum, agar kita bisa meyakinkan orang lain untuk mematuhi aturan" kesehatan yang ada.

Biasanya di awal pembelajaran dikampus atau disevutlah semester 1 kita akan mendapat pelajaran dasar seperti bahasa indonesia, pancasila, dan kewarganegaraan. Untuk matkul yang berkaitan dengan IKM akan menfapatkan sosiologi antropologi kesehatan teman". Sosio inilah yamg akan di ajarkan bagaimana cara berkominikasi dengan masyarakat:) so pasti kalian sebagai orang kesmas mampu memiliki tingkat kesabaran dan keikhlasan yang sangat besar:)

Di IKM juga ada pelajaran mengenai k3 loh teman" jadi tidak ada salahnya kalian lebih memilih ikm dari pada k3:)

Yuk yang udah paham ataupun yang belom boleh tinggalkan komentar ya supaya aku bisa meningkatkan skill aku dalam menulis :) sekian dari aku makasih semuanya:




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline