Lihat ke Halaman Asli

Revolusi Sistem akan Meningkatkan Kontribusi PNS

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1310236915917684940

Bayangkan jika kita memiliki hanya satu kartu identitas yang dapat memberikan informasi mengenai: jati diri, pemilik suara yang sah, Pasport, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), pajak STNK mobil atau motor, SIM (Surat Ijin Mengemudi), rekening (listrik, telepon, air, gas), Rumah Sakit rujukan, Asuransi Kesehatan, maka kesibukkan kita dari sisi administrasi menjadi jauh lebih mudah, efisien dan efektif.

Bayangkan dengan menggunakan kartu magnetik ini, secara otomatis semua kredit, baik itu rekening, kewajiban pajak, dan premi asuransi, semuanya terlunasi tepat waktu, tanpa harus mengurusinya satu per satu sebagaimana yang dialami saat ini. Kecuali Pasport dan SIM international yang masih berlaku secara global, yang lainnya tentu bisa dihapuskan saja.

Bayangkan jika kita sedang dalam krisis eknomi, melalui kartu ini pula diberikan semua informasi dan pelayanan atas perlindungan kesejahteraan, pembebasan sementara atas semua pajak dan biaya-biaya lain yang terkait, serta santunan atas hidup selama belum bekerja.

Bukankah bangga kita hidup sebagai warga dari suatu pemerintahan yang tertib secara administrasi?

Sayangnya itu mungkin tidak terjadi dalam waktu dekat. Diperlukan revolusi sistem yang berani, sentralisasi sistem  yang demikian haruslah terencana dan harus dipimpin oleh seorang yang kuat yang memiliki power, mental dan intelektual yang futuristik. Tentu saja semua itu tidak terlepas dari kemampuan finansial dalam memulai, menguasai, mengembangkan dan mempertahankan teknologinya.

PNS sebagai sumber daya manusia pelaksananya pastinya dituntut disiplin dalam mengelola sistem ini. Setiap PNS akan memiliki fungsi otoritas dan kerja rutinitas yang terkait langsung dengan modul-modul dalam sistem terpadu ini.  PNS nantinya harus mendapatkan pelatihan yang berkesinambungan sesuai dengan perkembangan teknologi sistem pendataan terpadu yang terkait langsung dengan akutansi negara, perbankan dan pelayanan masyarakat. Sistem ini tidak akan berjalan sesuai yang dicanangkan tanpa PNS yang berintegritas tinggi. Adanya revolusi sistem yang mensentralisasi administrasi terpadu akan menjadikan PNS sebagai masyarakat pekerja unggulan yang memiliki nilai kontributif yang tinggi pada pelayanan masyarakat dan pada pembangunan, perkembangan, kemajuan bangsa menuju negara adi daya baru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline