Lihat ke Halaman Asli

M. Afghan Yusuf

young boy from earth

The Social Dilemma, This is Real?

Diperbarui: 21 Juni 2021   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Geo Times

Media social , jaman sekarang siapa yang tidak menggunakan media social , kaum milenial tentunya sudah banyak yang menggunakannya kegiatan bersosmed itu menjadi suatu kebiasaan , berbeda sekali dengan jaman dahulu sebelum munculnya social media , apabila kita mundur ke tahun 2000an , kita merasakan betapa hebatnya dan pesatnya teknologi- teknologi yang akan maju di masa yang akan mendatang.

Oleh karena itu kita sebagai umat manusia selalu bertanya-tanya apakah cepatnya arus teknologi ini sesungguhnya membantu kita atau bahkan sebaliknya, saya merasakan perbedaan yang amat sangat besar karena pengaruhnya social media. 

Di social media setiap user dapat dengan mudah mengakses berbagai macam hal yang mereka ingin dan mereka butuhkan , seperti halnnya google, Google merupakan mesin pencarian yang di akses oleh orang-orang pada umumnya , google menjadkan kita (user) sebagai alasan kita untuk menggunakan dia sebagai mesin pencarian otomatis , lalu di samping sebagai alat pencarian gratis, apakah anda sadar bahwa google juga bisa digunakan sebagai media periklanan , yang dimana google menyediakan google ads untuk para pembisnis yang membutuhkan support bisnis mereka , tetapi tanpa disadari banyak dari kita itu tidak sadar akan pengaruh yang di berikan . perumpaaan seperti ini apabila kita ingin tahu akan apa yang kita butuhkan google akan memberikan apa yang kita butuhkan baik informasi maupun barang / produk

Tetapi apakah kalian sadar ketika kita sekali saja mencari sesuatu informasi yang kita butuhkan tentu muncul suggestion ataupun recommend barang / jasa yang kita inginkan tanpa kita memintanya . sering menggunakan internet gratis tanpa diasadari kitalah produknnya , apakah kalian baru sadar akan hal itu ?? sebenarnya semuanya itu tentang ALGORITMA , algoritma ini sebenarnya di ciptakan dengan tujuan untuk memudahkan para pebisnis yang ingin menaruh iklan demi mengkategorikan dari setiap segmen konsumennya , tetapi karena algoritma itu ada glitch yang menjadikan  kebiasaan yang kita lakukan di social media itu menajdi suatu prilaku yang kita tanpa sadsri itu bukan kita .jadi berhati --hatilah akan suatu penyakit yang lama-lam dan secara perlahan bisa membunuh pikiran mu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline