Lihat ke Halaman Asli

zahwan zaki

Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Apa Tujuan Anda Berutang? Kenali Manfaat dan Resikonya!

Diperbarui: 18 Agustus 2020   23:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: ilustrasi uang / uangteman.com

Apakah Anda Pernah Berhutang?

Sebagian orang dipastikan pernah berhutang, apakah di waktu masih muda atau pun di waktu sudah tidak muda lagi. Selain itu, bisa saja seseorang pernah berhutang kepada temannya, keluarganya atau kepada lembaga keuangan. Berhutang juga tentunya dilatarbelakangi oleh tujuan tertentu.

Pengalaman saya sendiri, berhutang sering saya lakukan, bahkan hingga saat ini. Kebetulan, selaku abdi negara, saya diberikan kemudahan untuk berhutang kepada pihak Bank dengan jaminan Surat Keputusan selaku abdi negara. 

Tujuan Berhutang

Masing-masing orang memiliki alasan sendiri ketika berhutang dengan pihak-pihak tertentu. Sama juga halnya dengan saya. Ketika saya mengajukan pinjaman (hutang) kepada pihak Bank, maka saya sudah memiliki tujuan tersendiri untuk apa gunanya uang  pinjaman atau utang tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya dan pengalaman orang-orang yang saya kenal, tujuan berhutang tersebut di antaranya adalah:

Membangun Rumah

Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki rumah merupakan suatu impian yang besar. Untuk memiliki sebuah rumah, salah satu caranya adalah mengajukan pinjaman (hutang) kepada pihak Bank.

Melakukan pinjaman (hutang) kepada pihak Bank, sangat mudah prosesnya, selama ada agunannya. Pihak Bank akan menyetujui pinjaman yang sudah diajukan dengan syarat dipotong gaji setiap bulan, tentunya besaran potongan tidak boleh melebihi besaran gaji.

Pengalaman saya, pernah meminjam uang melalui Bank untuk membangun rumah. Menurut saya meminjam uang (berhutang) kepada Bank yang digunakan dengan tujuan membangun rumah itu tidak akan rugi, selain sebagai tempat tinggal keluarga, juga sebagai aset.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline