Lihat ke Halaman Asli

zahwan zaki

Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Jika Anda Anak Muda, Coba Bisnis Ini! Prospek Besar dan Menjanjikan

Diperbarui: 20 Juni 2020   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Ilustrasi Usaha Yang Menjanjikan / infoinvestasi.com

Saat Pernah Menjadi Dosen Kewirausahaan

Kebetulan saya diberi kesempatan untuk mengisi mata kuliah KWU (Kewirausahaan) di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di tempat saya tinggal. Mata kuliah ini menurut saya mata kuliah yang paling menantang siapa pun dosennya untuk menyiapkan materi apa yang diberikan kepada mahasiswanya.

Usia mahasiswa berkisar 19 sd 23 tahun, merupakan usia muda, usia seseorang yang memiliki semangat tinggi untuk belajar tentang bisnis.

Pernah mahasiswa bertanya, “Maaf pak, bisnis apa yang cocok buat kami-kami sambil kuliah ini? Saya pun menjawab: bisnis itu banyak, tapi dapat di kelompokkan menjadi dua saja, bisnis basah dan bisnis kering. Apa itu? Bisnis basah, di antaranya: berdagang sayur, berdagang buah-buahan, membuka warung makan, warung bakso, dan lainnya. Sedangkan bisnis kering, di antaranya: menjadi perantara jual beli tanah dan rumah, dan menurut saya ini salah satu bisnis yang cocok buat kalian anak muda!”

Mengapa Anak Muda Perlu Mencoba Bisnis ini?

Profesi jasa perantara jual beli tanah dan rumah atau biasa disebut dengan istilah makelar atau broker dan istilah kerennya lagi adalah agen properti. Dalam pelaksanaannya profesi jasa perantara ini ada yang bersifat tradisional (lepas) dan profesional (bersertifikat).

Profesi ini merupakan profesi yang kelihatannya mudah dilakukan tapi sangat menantang. Seorang jasa perentara / agen properti harus cakap dalam menjual produknya, apakah berupa tanah ataupun rumah.

Saya melihat, profesi ini memiliki prospek ke depannya, jika digeluti dengan sungguh-sungguh. Apalagi di daerah-daerah, profesi ini hanya digeluti segelintir orang saja dan masih bersifat tradisional. 

Keuntungannya, menjadi jasa perantara atau agen properti ini tidak perlu modal besar. Selaku perantara akan bertindak sebagai moderator antara penjual dan pembeli saja. 

Profesi ini cocok untuk anak muda seperti mahasiswa. Karena selain tidak butuh modal yang besar, profesi ini dituntut skill dan keberanian saja dari seorang agen. Begitu juga masalah waktu pelaksanaannya, bisa dikondisikan kapan saja dan tidak mengganggu waktu kuliah, kalau dia seorang mahasiswa.

Biasanya anak-anak muda memiliki semangat dan keberanian yang tinggi untuk mencapai yang diinginkannya. Semakin sering bergelut dengan dunia ini, maka kesempatan untuk dapat untung besar dari bisnis ini sangat terbuka sekali.

Saya sangat menganjurkan para anak muda serius untuk menggeluti bisnis ini. Bagi saya, bisnis ini akan menjadi bisnis primadona bagi anak-anak muda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline