Saya pernah menulis artikel di kompasiana dengan judul "viralnya yes mania dan jari hati orang Lamongan", sudah 3 bulan berlalu justru sampai sekarang artikel tersebut menguat dengan banyaknya masyarakat yang antah berantah menggaungkan frase YES dan Inilah yang dimakan YES effect.
Efek YES (bahasa Inggris: Yuhronur Efendi Sekda/Satu/Sukses/Seduluran Effect) adalah istilah yang diciptakan tim branding untuk mendeskripsikan pengaruh kepopuleran Sekda Lamongan terhadap perpolitikan Di Lamongan. Dalam bidang politik, pendeklarasian Sekda Yuhronur sebagai calon Bupati Lamongan dalam pemilihan umum Kepala daerah 2020 diyakini dapat mendongkrak semangat bergotong royong serta perekonomian Lamongan kedepan. efek YES dikatakan dapat meningkatkan gairah perpolitikan yang ada dan semangat para orang yang ada di Lamongan karena dia dinilai mempunyai rekam jejak yang bersih, pro-masyarakat, dan ngayomi.
Popularitas dan tren elektabilitas Yuhronur juga dikatakan dapat mengubah peta politik Lamongan dalam pemilihan kepala daerah 2020. Yuhronur diyakini dapat memenangkan Pemilukada 2020 nanti, Sebab apa? Sebab YES sekarang sudah mewabah di semua kalangan di Kabupaten Lamongan, mulai dari tua, muda, anak kecil, semuanya memakai atribut YES. Dan banyak ditemukan di tempat apapun dan dimanapun baik itu di warung kopi, jalanan, warung makan, rumah, fasilitas umum dll.
YES itu seperti virus Corona, masif dan mematikan. Masif karena sangat ramai diperbincangkan dan di temukan di Lamongan sedangkan mematikan adalah kondisi yang dipakai untuk membuat lawan politik sepi dukungan.
Ini semua tidak luput dari peran tim YES dan media yang sangat gencar bulan-bulan kemarin dalam menggaungkan frase YES di masyarakat Lamongan. Itu semua karena program yang di lakukan oleh tim YES, Berikut adalah program tim YES yang saya temukan di lapangan
- SABTU diperingati hari relawan YES = Ini adalah hari dimana semua relawan diharuskan memakai atribut YES yang di punyai di hari sabtu, dengan slogan PFU (pakai-Foto-Upload) membuat para relawan sendiri yang kampanye di media sosial. Inilah YES effect yang sangat kreatif karena sampai saat ini kondisi perpolitikan kita belum ada yang mempunyai Hari Relawannya. Dan ini adalah satu-satunya di Jawa Timur bahkan Indonesia.
- Kampoeng YES = Kampoeng YES pertama kali diinisiasi oleh relawan Banjar Mendalan, dan sampai saat ini kampoeng YES banyak dijumpai di Lamongan.
- UKM YES = UKM YES yang diinisiasi oleh tim relawan YES adalah salah satu bentuk kampanye kreatif yang membuka ruang kerjasama dengan UKM dengan branding YES. Sampai saat ini ada sekitar Ratusan orang yang memasang branding Usaha mereka dengan dukungan terhadap pak YES.
- Bakti Sosial YES = Bakti sosial yang diadakan oleh relawan YES ini sangatlah menginspirasi karena ini diadakan setiap minggunya oleh para relawan. Dengan berbekal nasi bungkus dan uang sumbangan dari para relawan, kegiatan ini terus menerus memberikan manfaat kepada masyarakat Lamongan.
Apalagi ya program selanjutnya yang diinisiasi sama tim relawan YES? ini semua menandakan tingkat kekreativitasan dari tim relawan YES yang bisa membuat perpolitikan yang ada di Daerah Lamongan serasa hidup. Bukan kampanye yang menekan tapi kampanye yang kreatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H