Lihat ke Halaman Asli

Punya Adik Baru

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Siang - siang saya ditelepone oleh bu Nardi tetangga sebelah rumah.

" Jeng, aduh gimana ini cucu saya Wawan tiba - tiba panas,  dari  tadi rewel terus tidak mau minum susu"

" Bu Nardi,  sejak kapan  Wawan rewel dan tidak mau minum susu? " saya balik bertanya

" Tadi pagi , setelah saya jemput menantu yang baru melahirkan dan waktu melihat ibunya pulang menggendong adiknya yang baru, langsung  Wawan merengek - rengek minta gendong, ngambeg tidak mau minum susu"

Tenang jangan panik dulu, persoalan kecemburuan sang kakak dengan  datangnya adik baru sebenarnya bisa dicegah dan diatasi. Pendekatan untuk melibatkan sang calon kakak harus dimulai sejak awal kehamilan berlangsung.

Idealnya jarak kehamilan satu dengan yang berikut   kurang lebih 3 tahun sehingga anak sudah cukup siap memiliki adik baru. Namun kadangkala usia ibu menjadi masalah jika menikah di atas usia 35 tahun. Kecenderungan yang terjadi adalah "mengejar umur " untuk segera punya anak lagi dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Nah tentu saja anak  umur kurang dari 2 tahun belum terlalu paham diajak berdiskusi. Lalu apa yang dilakukan? Libatkan dia ketika saat kehamilan berlangsung. Beri kesempatan calon kakak menyentuh perut anda, berbincang  - bincang dengan calon adik saat tiduran.

Beberapa tips berikut ini semoga bermanfaat :

1. Libatkan sang calon kakak

- Ajaklah calon kakak untuk  memilihkan persiapan pernak - pernik untuk adik kecilnya yang masih dalam perut. Hal ini dapat dilakukan ketika sedang berbelanja di toko perlengkapan bayi, atau ketika berjalan - jalan bersama si kecil ke supermaket.

-  Minta usulan nama calon adik pada sang kakak, sehingga ia merasa bangga dan senang bahwa dia dilibatkan untuk memberi nama sang adik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline