Lihat ke Halaman Asli

Rina Pebriana

Sang Buruh Aksara

Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 | Tugas CGP Angkatan 8

Diperbarui: 25 Juli 2023   17:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Pintu 19

Refleksi

Selamat! Anda telah menyelesaikan materi pembelajaran untuk tahapan ini. Demi membantu Anda mengonsolidasikan pemahaman Anda dan mempersiapkan diri untuk sesi pembelajaran berikutnya, kami mohon Bapak/Ibu dapat melakukan refleksi singkat dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi!

Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas agar dapat memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru membuat keputusan yang terkait dengan kurikulum yang jelas, bagaimana merespon kebutuhan belajar murid, menciptakan lingkungan belajar yang mengundang dan memberikan dukungan, serta menggunakan manajemen kelas yang efektif. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan setiap murid dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal sesuai dengan kodratnya masing-masing.

  • Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?

Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid karena setiap murid adalah unik dan memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Mengidentifikasi kebutuhan belajar murid membantu guru memahami karakteristik, minat, gaya belajar, dan tingkat kesiapan belajar mereka. Dengan memahami kebutuhan belajar murid, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan, menarik, dan efektif, sehingga setiap murid dapat mencapai potensi belajarnya dengan baik.

  • Sebagai guru, apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita? Apa saja yang perlu dipertimbangkan?

Sebagai guru, kita dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar murid dengan berbagai cara, seperti mengamati perilaku, melakukan penilaian formatif, melakukan wawancara individu, mengamati hasil penilaian, dan berdiskusi dengan orangtua atau wali murid. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar murid antara lain preferensi terhadap lingkungan belajar, gaya belajar, kecerdasan majemuk, minat, kesiapan belajar, dan pengaruh budaya.

  • Kaitan dengan Standar Nasional Pendidikan.

Kaitan dengan Standar Nasional Pendidikan, pemahaman yang baik tentang tujuan pembelajaran menjadi kunci untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan sukses. Guru perlu memahami kompetensi yang diharapkan dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dicapai oleh murid sesuai dengan Standar Isi. Dengan memahami tujuan pembelajaran secara baik, guru dapat menetapkan tujuan pembelajaran yang sesuai, menentukan tahapan pembelajaran, dan memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya.

Kreator: Rina Pebriana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline