Menurut Anda, apa bagian terpenting dalam copywriting? Mungkin kebanyakan dari Anda akan menjawab headline karena hal tersebut merupakan bagian terpenting dalam copywriting.
Dalam copywriting, headline merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan. Headline dibuat paling menonjol tujuannya agar ketika pembaca melihat headline Anda, mereka dapat memperoleh gambaran dari isi artikel.
Dikutip dari laman Merdeka.com, pembaca cenderung lebih mengingat headline yang digunakan dari pada bagian isi berita.
Oleh karenanya, keberadaan headline sangat penting karena menjadi kunci utama keberhasilan suatu konten.
Namun, sayangnya masih banyak penulis yang bingung bagaimana cara membuat headline yang menarik.
Pengertian Headline adalah
Headline adalah judul yang biasanya ditulis dengan ukuran font lebih besar dibandingkan dengan tulisan lain dalam artikel.
Proses pembuatan headline tidaklah mudah; diperlukan akal, pikiran, dan kreativitas tinggi untuk menciptakan headline yang mudah dimengerti sekaligus komunikatif.
Selain itu, headline digunakan untuk menarik minat target pembaca agar membaca isi artikel sampai tuntas.
Oleh sebab itu, pentingnya headline untuk membuat suatu konten agar menarik perhatian dan dikunjungi banyak orang.
Fungsi Headline
Sebelum memikirkan untuk membuat headline konten Anda, pastikan dulu target audiens Anda setelah itu baru sesuaikan headline dengan target audiens Anda.
Penyesuaian target audiens dan kombinasi gambar dengan konteks yang berkaitan merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat headline.
Meskipun hanya terdiri dari satu kalimat, namun tetapi headline memiliki fungsi penting dalam pembuatan konten terutama pada artikel.
Salah satu fungsi headline yaitu ketika audiens tertarik dengan judul artikel, kemudian membaca artikel tersebut sampai tuntas dan mendapatkan kesimpulan dari artikel itu.
Terdapat tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat headline agar menarik perhatian audiens :
- Buat headline dengan unik
- Buat headline spesifik
- Sampaikan urgensi dalam headline