Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT UIN Walisongo Kel.61

UIN WALISONGO SEMARANG

Keikutsertaan Mahasiswa KKN MIT-14 UIN WS Kelompok 61 dalam Kegiatan Pendampingan Senam Lansia di Desa Gondang

Diperbarui: 9 Agustus 2022   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam melakukan program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT-14 UIN Walisongo Semarang. Dari Tim 61 KKN mengadakan program kerja berupa keikutsertaan pendampingan kegiatan senam lansia yang berletak di Dusun Krajan Desa Gondang, Limbangan, Kendal. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari sabtu pagi jam 07.00 WIB. 

Adapun kegiatan senam yang dilakukan lansia yaitu senam jantung manfaat dari senam jantung yaitu meperbaiki denyut nadi, senam diabetes manfaatnya Meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin, serta meeningkatkan pemakaian gula darah secara lebih efisien, kemudian menurunkannya, dan senam sendi, manfaatnya Meringankan gejala saat rematik kambuh, seperti sendi nyeri dan kaku, Meningkatkan fungsi dan kelenturan sendi, Meningkatkan rentang gerak sendi.

Adanya kegiatan senam lansia tersebut memberikan manfaat yang besar seperti Memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia, Mempermudah untuk menyesuaikan kesehatan jasmani dalam kehidupan (adaptasi), serta Fungsi melindungi, yaitu memperbaiki tenaga cadangan dalam fungsinya terhadap bertambahnya tuntutan, misalya sakit.

Dari diadakannya pendampingan senam lansia bagi Kelompok 61 yang pertama, sebagai sarana menjalin hubungan kekeluargaan serta bersosialisasi dari Ibu-ibu PKK dan Posyandu lansia yang kedua, sebagai pengalaman dan mencari ilmu sebagai pijakan sebelum terjun ke dunia masyarakat yang sesungguhnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline