Lihat ke Halaman Asli

bhenu artha

universitas widya mataram

Public Relation dan Adaptasi Media Digital

Diperbarui: 15 Mei 2023   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Humas profesional atau poblic relations (PR) sejalan dengan asumsi yang dibuat dalam literatur mengenai potensi media digital untuk PR. Mereka menyadari bahwa dalam era digital ini, alat dan platform digital telah menjadi perpanjangan dari perangkat PR. Namun, kesepakatan luas tetap berlaku bahwa dasar-dasar komunikasi yang baik tidak berubah. Pada intinya, PR tetap berkaitan dengan konseling, hubungan, dan pembangunan modal sosial.

Dalam prakteknya, PR semakin mengadopsi model yang dipimpin oleh iklan dan telah mengalami pergeseran dari fokus utama pada bisnis untuk mengembangkan hubungan strategis dan niat baik. Hal ini terlihat jelas dalam konteks keterlibatan influencer, di mana PR bekerja sama dengan influencer untuk membangun citra merek yang positif. PR memahami bahwa keterlibatan influencer dalam media digital dapat memberikan keuntungan besar dalam mencapai audiens yang lebih luas dan mempengaruhi persepsi publik terhadap merek atau organisasi.

Seiring dengan adopsi model yang dipimpin iklan dan perkembangan keterlibatan influencer, fungsi komunikasi yang sebelumnya berbeda telah konvergensi. PR tidak lagi hanya fokus pada pengelolaan hubungan dengan media tradisional, tetapi juga berperan dalam mengelola kampanye pemasaran digital dan menciptakan konten yang menarik untuk media sosial. PR mengakui pentingnya adaptasi dengan perubahan tren dan teknologi komunikasi untuk tetap relevan dan efektif dalam mengelola citra dan reputasi merek atau organisasi.

Dalam hal ini, PR sebagai profesi membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang media digital dan kemampuan untuk memanfaatkannya secara strategis. Meskipun alat dan platform digital menjadi perpanjangan dari perangkat PR, PR profesional harus tetap menjaga prinsip-prinsip dasar komunikasi yang baik. Dengan memadukan konseling, hubungan, dan pembangunan modal sosial dengan perkembangan media digital, PR dapat menjadi penghubung yang efektif antara merek atau organisasi dengan publiknya, memperkuat citra positif, dan membangun kepercayaan yang kuat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline