Acara atau event dapat memainkan peran penting dalam membangun citra destinasi. Hal ini terkait dengan event tourism atau sport tourism, yang berorientasi pada kunjungan wisatawan karena event olahraga tertentu. Aspek-aspek yang terkait dengan acara, seperti kualitas dan keragaman acara, dapat membentuk citra destinasi di mata wisatawan.
Selain itu, pengalaman yang diambil oleh wisatawan selama acara juga dapat memengaruhi citra destinasi. Jika wisatawan memiliki pengalaman yang menyenangkan dan berkesan selama acara, kemungkinan mereka akan memiliki persepsi positif tentang destinasi secara keseluruhan.
Tidak hanya itu, acara juga dapat mempengaruhi kepuasan wisatawan selama berkunjung ke destinasi. Jika acara yang diselenggarakan di destinasi dapat memenuhi harapan dan keinginan wisatawan, mereka cenderung merasa lebih puas dengan pengalaman liburan mereka secara keseluruhan.
Hal ini dapat berdampak positif pada citra destinasi, niat untuk mengunjungi kembali destinasi di masa depan, dan niat untuk merekomendasikan destinasi tersebut kepada orang lain.
Dalam jangka panjang, citra destinasi yang positif, niat untuk mengunjungi kembali, dan niat untuk merekomendasikan destinasi tersebut dapat berkontribusi pada ekuitas merek berbasis konsumen. Dengan kata lain, acara yang sukses dapat membantu membangun citra positif dan meningkatkan loyalitas wisatawan terhadap destinasi tersebut.
Oleh karena itu, penting bagi para pengelola destinasi untuk memperhatikan aspek-aspek yang terkait dengan acara dan berusaha untuk menyelenggarakan acara yang berkualitas dan beragam, sehingga dapat membantu membangun citra positif dan meningkatkan kepuasan wisatawan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H