Acara olahraga skala kecil dapat memberikan banyak manfaat bagi wilayah tuan rumah. Salah satu manfaatnya adalah membantu mempromosikan pariwisata berkelanjutan dengan memperkenalkan destinasi yang mungkin belum diketahui oleh wisatawan. Selain itu, acara olahraga ini dapat memberikan dampak ekonomi yang positif dengan meningkatkan pendapatan daerah melalui peningkatan jumlah pengunjung yang datang. Acara olahraga skala kecil juga dapat membantu mengatasi musiman pariwisata dengan menarik wisatawan pada saat-saat di mana kunjungan ke daerah tersebut biasanya kurang.
Selain manfaat di atas, acara olahraga skala kecil juga dapat berkontribusi pada penentuan posisi wilayah dan penciptaan serta peningkatan citra destinasi mereka. Acara olahraga dapat menciptakan pengalaman positif bagi peserta dan penonton, yang pada gilirannya dapat membentuk persepsi positif tentang wilayah tuan rumah. Hal ini dapat membantu menciptakan citra destinasi yang menarik bagi wisatawan.
Instagram telah menjadi platform yang kuat dalam menciptakan citra destinasi. Foto-foto dan cerita yang dibagikan oleh pengguna Instagram dapat memengaruhi persepsi orang tentang sebuah destinasi. Oleh karena itu, manajer destinasi dapat memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan acara olahraga dan memperkuat citra destinasi mereka.
Namun, perlu diingat bahwa ada perbedaan yang signifikan antara berbagai acara olahraga skala kecil, dan antara penyelenggara dan peserta, terutama dalam dimensi kognitif citra destinasi. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi wisatawan tentang destinasi, sehingga manajer destinasi harus memperhatikan faktor-faktor ini dalam mengembangkan strategi promosi dan branding untuk acara olahraga skala kecil.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H