Lihat ke Halaman Asli

Bhayu MH

WIrausaha - Pelatih/Pengajar (Trainer) - Konsultan MSDM/ Media/Branding/Marketing - Penulis - Aktivis

InFocus Gandeng Wellcomm Shop Garap Pasar Smartphone Indonesia (Liputan Acara)

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1421817255783195854

[caption id="attachment_392254" align="aligncenter" width="719" caption="Suasana presentasi oleh Raymond (tengah) dan Wicak (kanan) dipandu Febiola (kiri) - Foto: Bhayu"][/caption]

Hari Rabu (14/1) pekan lalu menjadi momentum menyenangkan bagi para Kompasianer terpilih. Mereka mendapatkan kesempatan menghadiri acara istimewa: Kompasiana Coverage: Unboxing Infocus Smartphone. Tak kurang dari 25 orang Kompasianer hadir dengan antusias mengikuti acara yang diadakan di ruang studio Kompasiana, lantai 6 gedung Kompas-Gramedia di Jalan Palmerah Barat 29-37, Jakarta Pusat-10270. Inilah acara pertama dari situs media warga “Kompasiana” di tahun 2015 yang menghadirkan Kompasianer untuk me-review produk.

Kali ini, produk yang diperkenalkan adalah smartphone keluaran InFocus dengan seri M320E. Inilah telepon seluler pintar (ponsel pintar) pertama yang masuk ke pasar Indonesia dengan menggandeng Wellcomm Shop sebagai mitra penjualannya. Pasar selama ini mengenal brand InFocus sebagai penyedia proyektor untuk presentasi. Hal ini membuat “InFocus” seolah telah menjadi “generic brand name” bagi kelas proyektor. Sehingga, saat konsumen hendak membeli proyektor presentasi, yang disebutkan adalah “InFocus”.

[caption id="attachment_392256" align="alignright" width="180" caption="COO Kompasiana Pepih Nugraha mengabadikan acara - Foto: Bhayu"]

1421817407335065581

[/caption]

Menurut Raymond Tanudjaya - Product Manager PT Wellcomm Intelindo Pratama -pengelola Wellcomm Shop- yang memberikan presentasi, kehandalan InFocus selama ini di pembuatan proyektor selama 27 tahun memberikan garansi penguasaan teknologi tinggi. Maka, melihat kebutuhan masyarakat yang besar terhadap pasar telepon pintar multi-fungsi, InFocus yang bermarkas di Oregon-Amerika Serikat pun terjun ke pasar yang baru baginya tersebut. Kerjasama dilakukan dengan Foxconn dari Taiwan untuk bersama memproduksi smartphone. Optimisme nampak jelas dari pihak Wellcomm Shop yang digandeng InFocus sebagai authorized distributor-nya di Indonesia. Sebagaimana diutarakan oleh Raymond, “Kami optimis para pengguna smartphone di Indonesia akan menyambut baik kehadiran Infocus Smartphone M320E ini karena memiliki sejumlah keunggulan namun dibanderol dengan harga terjangkau”.

Bagi pengguna di Indonesia yang “sensitif harga” dan tidak “gila merek”, Smartphone InFocus M320E ini sangat layak dijadikan pilihan. Pasalnya, ia mengusung teknologi mumpuni namun dengan harga membumi. Kalangan pelajar atau mahasiswa dipastikan bisa membawanya pulang tanpa harus menyusahkan orangtua, cukup dengan menabung uang saku dalam waktu tidak terlalu lama. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki penghasilan sendiri, jauh lebih mudah lagi. Kenapa bisa begitu? Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 1.999.000,- saja!

Terkejut?

Coba bandingkan dengan ponsel sejenis di pasaran. Harganya bisa dua-tiga kali lipat lebih mahal. Padahal kemampuannya bisa dibilang setara. (Tulisan mengenai ulasan produk smartphone secara teknologi akan diturunkan terpisah).

Dalam acara hari itu, selain pemaparan dari Raymond, juga ditambahi pembahasan dari Wicak Hidayat selaku editor  Kompas Tekno. Ia menyoroti penggunaan prosesor Octacore ARM Cortex-A7 1700 Mhz yang ditanamkan. Dari ponsel sejenis yang ada di pasar, menurutnya penggunaan prosesor ini masih sedikit. “Makin handal prosesor, makin cepat ponsel dalam memproses berbagai tugas sekaligus. Istilahnya multi-tasking,” jelas Wicak.

Seusai penjelasan dari kedua pakar, moderator Febiola Widjaja mempersilahkan pihak Wellcomm Shop membagikan sejumlah dus InFocus yang masih baru dan tersegel kepada peserta. Karena itulah acara ini disebut “unboxing” atau membuka boks.

Dengan antusias para peserta mengerumuni meja-meja di mana diletakkan ponsel pintar itu. Merasakan sensasi membuka kardus, memasang baterai yang masih baru, membuka plastik pengaman, dan kemudian menyalakan ponsel untuk pertama kalinya rasanya seperti menunggu kelahiran bayi. Menyenangkan dan menggembirakan.

Kompasianer tampak antusias mencoba berbagai fitur ponsel, mulai dari sekedar menekan aneka tombol fungsi hingga melakukan selfie. Ternyata, kehandalan prosesor dipadu dengan resolusi kamera membuat gambar yang diambil tajam dan fokus. Betapa tidak, kamera depannya memiliki resolusi 8 MP, sementara kamera belakangnya 11 MP. Layarnya yang berukuran 5,5 inchi dengan resolusi 1280 X 720 dpi juga menjanjikan tampilan High Definition (HD). Opsi ini sangat menarik bagi pengguna ponsel yang gemar mengunduh berbagai aplikasi berbasis grafis, terutama game. Para peserta yang mencoba tampak ketagihan dan seperti sulit untuk menyudahi.

[caption id="attachment_392259" align="aligncenter" width="600" caption="Kemadhipie Kuron, Marketing Manager Wellcomm Shop bangga memperkenalkan produknya - Foto: Bhayu"]

1421817807544158177

[/caption]

Khusus kepada penulis, Kemadhipie Kuron selaku Marketing Manager PT Wellcomm Intelindo Pratama menerangkan bahwa Wellcomm Shop mendatangkan 2.000 unit ponsel ini untuk pasar Indonesia. Pihak InFocus dan Foxconn memproduksi hanya sekitar 100.000 unit untuk seluruh dunia. Jadi, ini adalah ponsel yang bisa dibilang “limited edition” atau terbatas. Menanggapi adanya varian smartphone lain yang juga sudah masuk ke pasar Indonesia, Kemadhipie menyatakan hal itu dimungkinkan melalui jalur lain. Tetapi ia menegaskan, jenis smartphone InFocus yang dijual oleh Wellcomm Shop hanya M320E saja.

Dijelaskan pula bahwa pada 19 Januari 2015, para peminat bisa melakukan pre-order di http://dinomarket.com. Barulah pada 4 Februari 2015, seluruh gerai Wellcomm Shop akan menyediakan ponsel ini sehingga peminat bisa langsung membelinya. Selain di gerai yang terdapat di Jabodetabek, Surabaya, Solo, Yogya, Manado, Makassar, Medan, Denpasar, dan Ambon, juga dapat dibeli melalui situs http://wellcommshop.com.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo buruan beli!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline