Lihat ke Halaman Asli

Review Buku Berjudul Getting Things Done oleh David Allen

Diperbarui: 6 September 2024   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

saya ingin mengajak para pembaca tulisan ini untuk mengetahui isi dari buku yang sangat menarik untuk dibaca atau sekedar dipahami tulisan-tulisan review dari buku tersebut. Buku ini adalah buku mengenai bagaimana cara agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Apabila kita adalah atasan, maka kita bisa menjadi atasan yang membawa organisasi atau perusahaan menjadi lebih baik dan produktif. Buku ini mengajak kita untuk melakukan pengorganisasian untuk diri kita dan perusahaan kita. Apa inti dari isi buku tersebut? berikut merupakan sedikit isi dari buku dengan judul Getting Things Done oleh David Allen

pentingnya pencatatan 

Kita diajak untuk melakukan pencatatan atas ide-ide dan rencana sekaligus atas apapun hal yang sudah kita lakukan untuk kemudian di review atau dikaji ulang untuk diperbaiki. Kita sangat sulit untuk mengingat dan melupakan sesuatu apalagi dengan hal-hal kecil. Maka dari itu pencatatan merupakan hal yang sangat penting. setelah segala sesuatu dicatat maka kita harus bisa mengorganisir semua yang kita catat, kemudian eksekusi untuk dilaksanakan.

Saya pernah mendengar sebuah ceramah singkat dari seorang senior bagaimana ia masih membuat buku diary tentang hari-hari yang ia alami dan rasakan setiap harinya. Ia mencatat apapun yang menurutnya perlu dicatat dan penting. Ketika malam ia menulis dan membacanya kembali. ia catat hari-hari yang ia lalui dengan detail dengan jam,hari,tanggan,bulan, tahun dan lain-lain. sehingga ia hampir tidak mudah lupa dengan sesuatunya. Akan tetapi ada kutipan penting dari buku ini yaitu It is a waste of time and energy to keep thinking about something that you make no progress on. Buang-buang waktu dan energi untuk terus memikirkan sesuatu yang tidak membuat kemajuan. Maka waktu dan energi kita harus diluangkan untuk sesuatu yang memang penting sehingga hasil dari pencatatan harian kita dan hari -hari kita adalah hal yang penting dan produktivitas. catat apapun ketika ide itu dianggap penting meski sekilas terlewat.

Ekeskusi dari perencanaan.

ketika kita sudah melakukan pencatatan atas hal-hal yang penting dan melakukan pengorganisasiannya. Maka kita akan melakukan eksekusi atas perencanaan-perencanaan kita. Bagaimana melakukannya ? Apa yang akan kita lakukan adalah membuat jadwal untuk hal yang akan kita lakukan. Apa yang akan kita lakukan harus ditulis dengan sangat detail seperti ketika kita ingin memasak makanan di pagi hari pukul 09:00, maka dicatat pula dengan, makanan pedas, jangan lupa matikan kompor, pastikan masakan enak, menggunakan kompor gas, memakai bahan makanan dari kulkas bukan beli baru. dll.

Lakukan yang mudah dari eksekusi perencanaan

masalah yang besar lahir dari masalah-masalah kecil yang bertumpuk. Maka dari itu mulailah dari menyelesaikan masalah-masalah kecil. Bahkan pada buku atomic habit. dijelaskan untuk membuat perilaku menjadi lebih baik dengan membuat habit dari perubahan-perubahan kecil dan kebiasaan-kebiasaan kecil yang konsisten. 

Pada buku ini , ketika segala sesuatu sudah terjadwalkan dengan rapih, dan kita sudah mulai melakukan eksekusi terhadap perencanaan kita untuk apa yang ingin kita lakukan maka mulailah dengan hal yang cepat selesai dan mudah. Kita harus bisa mendahulukan pekerjaan-pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan mudah. Ketika hal-hal yang kecil sudah selesai maka kita bisa fokus dan produktif untuk menyelesaikan perkara yang lebih berat.

lakukan riview dan evaluasi secara rutin

Pencatatan itu penting... maka tahap selanjutnya dari pencatatan adalah riview dan evaluasi setiap hari dan tiap minggu. Setelah mingguan kelar maka lakukan evaluasi bulanan dan tahunan. Hal ini penting untuk peningkatan diri .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline