Lihat ke Halaman Asli

Hari Santri Sebagai Ajang Menumbuhkan Kreativitas Santri

Diperbarui: 5 November 2023   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Hari Santri Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober. Momen ini pertama kali diusulkan oleh komunitas pesantren yang ingin mengenang dan merayakan perjuangan pesantren kemerdekaan Indonesia. Hari Santri Nasional mempunyai arti  penting bagi  santri itu sendiri dan seluruh elemen bangsa. Dalam sejarah, peran mereka dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia  sangat besar. Mereka turut serta dalam memperebutkan Indonesia, rekonstruksi Indonesia, dan pertahanan NKRI.

Tema Hari Santri Nasional  tahun 2023 adalah "Jihad Santri Jayakan Negeri". Kata "jihad" dalam Islam tidak sebatas perjuangan fisik, melainkan perjuangan umum yang mencakup perjuangan mempertebal keimanan, memperdalam ilmu, dan perbaikan diri.

Perayaan Hari Santri Nasional tidak hanya sekedar euforia atau kemeriahan namun merupakan stimulus refleksi yang menjadi landasan refleksi bagaimana meningkatkan dan lebih meningkatkan kualitas santri demi kemajuan bangsa.

 Dalam perayaan Hari Santri Nasional, diharapkan masyarakat dapat ikut merayakan semangat dan dedikasi para santri. Apalagi di masa sulit ini, pelajar bisa menjadi pahlawan dalam memperjuangkan pendidikan dan  melawan kebodohan.

Dalam perayaan Hari Santri Nasional dapat diselenggarakan beberapa kegiatan antara lain dzikir, munajat, doa dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan toleransi  santri, umat Islam dan seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, para santri Asrama Rahmaniyah mengadakan berbagai acara seperti pembacaan tahlil, tausiah tentang perjuangan santri dan berbagai lomba dalam rangka memeriahkan hari santri. 

Berbagai perlombaan yang diselenggarakan oleh mahasiswi antara lain:  estafet air, estafet balon, dan voli air. Asrama Rahmaniyah merupakan asrama khusus mahasiswi yang dipimpin oleh bapak Musthofa Rahman. Asrama Rahmaniyah mempunyai 2 cabang di Semarang yang berlokasi di Jln. Tanjungsari Barat II no. 5b dan jln. Tanjungsari Barat I no. 21.

Kesimpulannya, Hari Santri Nasional memberikan dorongan untuk mengingat dan mengenang perjuangan para santri mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hari Santri Nasional mempunyai arti  penting bagi  santri itu sendiri dan seluruh elemen bangsa. Perayaan Hari Santri Nasional tidak hanya dirayakan secara euforia atau meriah, namun merupakan dorongan refleksi yang menjadi landasan refleksi agar kualitas santri dapat ditingkatkan dan lebih ditingkatkan lagi demi kemajuan bangsa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline