Lihat ke Halaman Asli

Bethranda Afrizy

penikmat kopi

Good Mental for Good Soul

Diperbarui: 29 Oktober 2023   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

    Kesehatan mental adalah komponen penting dalam kehidupan kita dan berpengaruh besar pada kesuksesan serta kesejahteraan kita sehari-hari. Banyak orang sering mengabaikan kesehatan mental mereka karena tekanan yang terus-menerus mereka hadapi, yang dapat menyebabkan fluktuasi emosi dan ketidakharmonisan dalam tindakan mereka. Setiap individu memiliki cara berbeda untuk merawat kesehatan mental mereka, tetapi ada saat-saat di mana tantangan dan lingkungan sulit memengaruhi upaya tersebut.

   Banyak dari Sebagian orang yang menyepelekan Kesehatan mentalnya karena menerima banyak tekanan terus-menerus, sehingga dari kejadian tersebut emosi yang dimiliki orang tersebut terjadinya turun naik atau "mood swing" yang akan menyebabkan ketidak harmonisan dalam bertindak.  

   Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk melihara Kesehatan mental agar tetap asik dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Mungkin ada orang yang simple dalam mencari kesenangannya agar mentalnya stabil seperti :

  • Mendengarkan musik 
  • Menonton film
  • Bermain game 
  • Ngobrol dengan orang yang disukai 
  • Olahraga 
  • Atau jalan-jalan menggunakan motor sambil memikirkan hal lucu  

   Tetapi ada sebagaian orang yang mengoala stresnya yang membutuhkan effort yang lebih dan terkadang lingkungan tidak mendukung utnuk melakukan hal itu.

   Seperti halnya saya sekarang yang berstaus mahasiswa yang merantau ke kota bandung yang jauh dari kampung halaman yang terkadang merindukan momen healing saya Ketika berada di kampung halaman.  

   Bisa dibilang saya memiliki selera healing yang tinggi sehingga saya mudah bosan dengan hal-hal sepeti diatas, karena dikampung halaman saya di Belitung sebagai anak pulau pastinya tidak jauh dari Pantai berbeda dengan kehidupan di bandung yang jauh dari pantai.

   Ketika saya berada dipantai saya merasa jiwa dan raga saya sangat terpenuhi, saya bisa melakukan berbagai aksi Ketika saya dan teman berada di Pantai seperti:  

  • Memancing
  • Free diving 
  • Camping 
  • Membuat istana dari pasir 
  • Menikmati sunset
  • Spear fishing 
  • bermain mobil atau motor off road di Pantai 
  • dll

   Ketika kita tidak dapat memenuhi kebutuhan mental kita banyak hal yang menjadi gangguan dalam aktivitas kita, seperti overthinking yang dapat membuat kepala kita terasa ingin meledak. Ditambah dengan ekspetasi orang tua kita yang menaruh harapanya kepada kita.  

   Terkadang hal inilah yang membuat kita tidak tekendali, karena dikendalikan oleh pikiran kita sendiri. Dan terkadang kita lupa dengan jati diri kita sendiri yang kebanyakan dari zaman modern ini yang mengikuti gaya idolanya, sehingga mengabaikan siapa sebenarnya diri kita,apa yang kita inginkan, yang membuat kita menjadi asing dengan diri kita.

   Terkadang kita protektif kepada diri kita terhadap orang yang kita anggap musuh, tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa "musuh" terbesar berada dalam diri kita. Banyak hal yang dapat menghancurkan diri kita dari dalam tetapi banyak hal juga kebahagian yang kita raih, hal ini tergantung kepada siapa pengendali diri kita, apakah jiwa ini sudah kalian kendalikan penuh. Oleh karena itu, pengendalian diri dan kesadaran diri adalah kunci untuk mencapai kesehatan mental yang baik.

   Dengan demikian, merawat kesehatan mental dan meresapi momen healing adalah langkah penting dalam menjaga keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup. Selain itu, penting untuk mengenali dan mengendalikan diri sendiri agar kita tidak menjadi asing terhadap diri kita dan dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik.   

  Kekuatan sejati berasal dari dalam. Jika Anda mampu mengendalikan pikiran dan emosi Anda, Anda dapat mengendalikan dunia luar Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline