Lihat ke Halaman Asli

Berty Sinaulan

TERVERIFIKASI

Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Habis Terjual, Posindo Terbitkan Sampul Hari Pertama dan Kedua Asian Games 2018

Diperbarui: 31 Agustus 2018   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyambut dan memperingati Asian Games (AG) XVIII-2018,  Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan dua kali seri prangko. Pertama, seri "Menyambut AG 208" yang terbit pada 18.1.18 (18 Januari 2018) sebanyak 9 desain prangko berbeda. Kedua, seri "AG 2018" yang terbit bertepatan dengan pembukaan AG 2018 pada 18.8.18 (18 Agustus 2018) sebanyak 3 desain prangko berbeda. 

Pada penerbitan pertama, karena banyaknya jumlah prangko, jadi PT Pos Indonesia (Posindo) menerbitkan dua buah Sampul Hari Pertama (SHP). Satu SHP berisi 5 prangko, dan SHP lainnya berisi 4 prangko. 

7322ac6f-ff15-48fd-abc1-d67b8ad87d12-5b87c39212ae945f0d7b1a36.jpeg

Sekadar informasi, SHP adalah sampul surat (amplop) yang di bagian depan kiri dicetak gambar dan tulisan sesuai tema prangko yang terbit, kemudian di kanan depan SHP itu ditempel prangko-prangko yang terbit dan dibubuhi cap (stempel) pos khusus hari terbit pertama. Cap pos itu biasanya bertuliskan tema prangko yang terbit dan dilengkapi gambar sesuai serta kota dan tanggal terbit prangko itu.

Berbeda dengan penerbitan pertama, untuk penerbitan kedua sebenarnya hanya diterbitkan satu SHP saja, karena jumlah prangkonya hanya tiga keping. Namun ternyata peminatnya banyak sekali, walaupun sudah dicetak sebanyak 2.000 lembar, tetap saja terjual habis dalam sekejap.

Untuk memenuhi permintaan, Posindo menerbitkan satu SHP lagi. Hanya gambar di kiri depan yang agak berbeda, tetapi prangko dan cap posnya tetap sama. Kali ini jumlah cetaknya lebih sedikit, hanya 1.000 lembar. Ini pun  "diserbu" peminat.

Bukan hanya kolektor prangko atau filatelis yang menyukainya, tetapi juga masyarakat umum. Prestasi bagus para atlet Indonesia, mendorong tumbuhnya minat masyarakat luas mengoleksi pernak-pernik AG 2018, termasuk prangko dan SHP tersebut.

Di samping itu, atlet dan ofisial serta suporter dari negara-negara peserta AG 2018, juga meminatinya. Mereka tak segan membeli dalam jumlah cukup banyak.

Di luar prangko dan SHP, juga diterbitkan souvenir sheet (lembar kenangan), kartu pos, dan folder khusus. Kartu pos pun cukup banyak peminatnya.

Anda berminat? Bila di Jakarta, coba saja datangi Kantor Filateli Jakarta di dekat kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Mudah-mudahan masih tersedia benda filateli yang Anda inginkan. Selamat "berburu".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline