Lihat ke Halaman Asli

Berty Sinaulan

TERVERIFIKASI

Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Cari Koleksi "Vintage" di Singapura? Ke Fook Hai Saja

Diperbarui: 1 April 2018   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Buat yang senang mengoleksi barang-barang "vintage" alias memorabilia jadul yang disukai banyak kolektor dan kebetulan sedang berkunjung ke Singapura, kenapa tidak "memburu"nya di fleamarket yang diadakan di Fook Hai Building setiap hari Minggu.

Dikordinasi oleh Michael CH Poh yang memiliki toko barang antik dan vintage bernama View Point Trading & Collectibles, fleamarket pada bangunan di North Bridge Road nomor 150 itu, dilangsungkan setiap Minggu, mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Tapi disarankan datang di atas pukul 10.00 pagi, agar para pedagang sudah rapi menata barang dagangannya.

Dokumentasi Pribadi

Ini adalah fleamarket yang dulunya diadakan setiap hari Minggu di China Square Central building. Sama seperti sekarang, dulu pun kordinatornya adalah Michael Poh.

Banyak pilihan benda memorabilia yang bisa dipilih. Mulai dari keramik dan koin-koin kuno, uang kertas lama, prangko, sampul (amplop) surat, kartu pos, sampai foto-foto lama.

Ada juga mainan dan peralaran makan minum tua, piringan hitam, serta koran, majalah, dan buku lama. Tidak ketinggalan berbagai pin dari logam dan plastik, serta badge (lambang dari kain) ditawarkan di situ.

Penggemar jam tangan lama, juga dapat memilih berbagai jam tangan bekas namun asli dari berbagai merk. Sedangkan kaum wanita yang senang memakai hiasan-hiasan lama, dapat pula mencarinya di sana.

Walaupun namanya fleamarket yang kalau di-Indonesia-kan diistilahkan dengan pasar loak, yang dijual di Fook Hai Building bukan sekadar barang bekas. Tetapi barang-barang bekas yang mempunyai nilai tinggi di kalangan kolektor. 

Tak heran setiap Minggu banyak kolektor yang "berburu" di sana. Maka terjadilah pertemuan antarkolektor, saling membagi pengalaman mengolekdi benda-benda memorabilia. Bahkan tak jarang terjadi diskusi panjang menentukan nilai suatu benda, keasliannya, kelangkaannya, sampai cara yang paling dianjurkan untuk menyimpab benda-benda memorabilia itu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline