Lihat ke Halaman Asli

Berty Sinaulan

TERVERIFIKASI

Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Satu Lagi Benda Filateli Diluncurkan di Bali

Diperbarui: 10 Oktober 2017   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketua Himpunan Pandu dan Pramuka Wreda (Hipprada), Prof. Dr. Haryono Suyono, menandatangani Sampul Peringatan yang diluncurkan di Bali. (Foto: Indonesia Scout Journalist)

Bersamaan dengan pembukaan Konferensi Dunia ke-28 International Scout and Guide Fellowship (ISGF) di Hotel Inna Bali Beach, Sanur, Bali, 9 Oktober 2017 malam hari, diluncurkan pula satu lagi benda filateli terbaru dalam bentuk Sampul Peringatan (SP). Benda filateli berbentuk SP adalah amplop yang dibuat khusus untuk menandai suatu peristiwa, dan di bagian kiri depan dicetak gambar dan tulisan tentang peristiwa yang diperingati. Kemudian di bagian kanan atas depan ditempel prangko apa saja yang sesuai tema dan dibubuhi cap pos khusus sesuai peristiwa yang diperingati.

Penerbitan SP tersebut diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendukung pelaksanaan konferensi di Bali, dan juga untuk lebih memasyarakatkan aktivitas filateli atau hobi mengumpulkan dan mempelajari prangko serta benda-benda pos lainnya.

Di kalangan kepanduan sedunia, filateli juga telah lama dikenal. Bahkan filateli atau mengumpulkan prangko juga merupakan aktivitas yang disukai para Pandu/Pramuka dengan adanya Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pengumpul Prangko atau Stamp Collecting. Sementara di kalangan filatelis, tema kepanduan merupakan salah satu tema yang diminati para filatelis yang jumlahnya puluhan juta di seluruh dunia.

Sampul Peringatan Konferensi Dunia ke-28 ISGF dipamerkan ke hadapan publik untuk pertama kalinya, (Foto: Indonesia Scout Journalist)

Hadirnya SP di Bali itu segera disambut hangat para peserta konferensi yang tidak sedikit menyukai pula koleksi benda filateli. Untuk itu pula, di arena konferensi hadir pula stan dari Pengurus Daerah Perkumpulan Filatelis Indonesia Bali yang memamerkan dan menjual benda-benda filateli.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline