Lihat ke Halaman Asli

Berty Sinaulan

TERVERIFIKASI

Penulis, Pewarta, Pelatih Pembina Pramuka, Arkeolog

Medsos dan Ketololan

Diperbarui: 11 Desember 2016   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Editan pribadi

Keberadaan media sosial (medsos) ternyata membantu kita semua untuk dapat melihat secara nyata dan langsung dengan mata kepala kita sendiri kelakuan orang-orang tolol berpikiran pendek yang bangga dengan ketololan mereka.

Contohnya akhir-akhir ini, ada yang dengan bangga kelakuannya menginjak-injak roti dan kemudian roti utuh yang telah diinjak-injak  itu dibuang ke dalam tempat sampah. Kelakuan itu difoto, kemudian diunggah ke dalam medsos.

Sementara umat manusia di banyak tempat, tak peduli apa ras, agama, dan latar belakang suku bangsanya, sedang prihatin kesulitan makanan. Bukan hanya di luar negeri, seperti di tempat-tempat pengungsian, tetapi juga di dalam negeri. Masih ada “kantung-kantung’ kemiskinan yang penduduknya masih sulit mendapatkan makanan.

Ada lagi ketololan lain. Foto aksi sekelompok anggota suatu ormas yang membubarkan ibadah Natal di Gedung Sabuga, Bandung, disandingkan dengan foto kerusakan akibat gempa di Aceh. Lalu ditulis komentar, “gempa ini adalah pembalasan (hukuman) Tuhan, karena ada yang mengganggu ibadah umatNYA di Bandung”. Benar-benar aneh.

Ketololan jadi makin kentara di medsos. Seseorang yang menyiksa binatang, membunuhi kucing-kucing, dengan bangga memamerkan fotonya sedang mengangkat kucing-kucing mati yang dibunuhnya. Sama tololnya dengan aksi siksa siswa atau mahasiswa baru oleh para seniornya, yang diabadikan dalam video dan kemudian dibagikan di medsos. Ingin kelihatan gagah, berani membunuh atau memukul tanpa bisa dilawan, tetapi yang terlihat adalah kelakuan orang-orang tolol yang tak mengerti makna kehidupan sebagai sesama mahluk ciptaan Tuhan.

Mudah-mudahan tulisan ini tidak dianggap sebagai ketololan pula.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline